SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol. (Bisnis.com)

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan lahan sekitar 9 hektare di kawasan exit toll Jogja-Solo di Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Lahan tersebut nantinya akan dibangun menjadi pusat perekonomian seperti rest area.

Kepala Bappeda DIY, Beny Suharsono, mengatakan Pemda DIY telah menyiapkan lahan sekitar 9 hektare di wilayah Prambanan, Sleman. Lahan ini berada di sebelah selatan kawasan wisata Breksi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lahan tersebut sebagian adalah tanah kas desa dan sebagian lahan milik warga. Lahan tersebut akan dikembangkan sebagai kawasan perekonomian baru untuk menampung orang yang akan keluar dan masuk di area exit toll di Bokoharjo.

“Saat ini memang sedang diupayakan ditawarkan ke investor, akan tetapi untuk deal-nya belum, kondisi tanahnya saat ini lahan terbuka, harus dibebaskan memang ada tanah desa dan tanah warga,” katanya belum lama ini.

Lokasi lahan tersebut memang tidak persis di sebelah tol, sehingga perlu dibangun jalan penghubung dari jalur exit toll menuju ke kawasan pusat ekonomi baru tersebut.

Baca Juga: Kalah Judi Online, Seorang Pria Bobol Minimarket & Mesin ATM di Jogja

Menurutnya, keberadaan tempat semacam rest area di luar tol ini akan dimanfaatkan pengguna tol baik saat keluar maupun akan masuk ke area tol untuk mampir sejenak. Di dalamnya akan berisi berbagai macam produk lokal Jogja serta berbagai fasilitas.

“Nantinya akan menjadi semacam pusat ekonomi, untuk pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, semacam rest area tetapi di luar tol, jadi orang masuk Jogja ketemu di sini,” ujarnya.

Selain di sisi timur, kata Beny, saat ini Pemda DIY juga sedang mendesain titik yang akan dikembangkan di kawasan Tol Jogja-YIA yang berada di Wates, Kulonprogo. Namun, kelanjutan rencana itu masih menunggu diskusi lebih lanjut sehingga belum ditetapkan lahan yang akan menjadi pengembangan kawasan di exit toll. Sesuai dengan kesepakatan dengan Pemerintah Pusat, Tol Jogja YIA ini akan diberi empat exit toll.

Baca Juga: Kecelakaan Adu Banteng Motor Vs Mobil di Sleman, Pemotor Meninggal di Lokasi

“Sebenarnya sudah ada titik exit toll, cuma kami perlu persiapan untuk menangkap peluang itu kira-kira titik yang tepat di mana. Untuk saat ini yang sudah pasti itu yang di kawasan Prambanan itu,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 9 Hektare Lahan Disiapkan di Prambanan untuk Pusat Ekonomi di Luar Tol Jogja Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya