SOLOPOS.COM - Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020. (Tangkapan Layar)

Solopos.com, YOGYAKARTA -- Dalam rangka implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) berpartisipasi dalam Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring oleh Universitas Tarumanagara Jakarta, pada Kamis hingga Sabtu (15-17/10-2020). Untuk diketahui, tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah "Membangun Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Nusantara dalam Mendukung Indonesia Maju".

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rektor ITNY, Dr.Ir.H. Ircham, M.T
Rektor ITNY, Dr.Ir.H. Ircham, M.T

Dalam kesempatan ini, ITNY mengirimkan 43 mahasiswa dari lima Program Studi untuk bergabung dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Sebagai wujud dari implementasi kurikulum MBKM, nilai yang diperoleh dari keikutsertaan mahasiswa pada kegiatan ini akan dikonversikan. Yakni menjadi nilai Mata Kuliah Technopreneurship, yang merupakan salah satu Mata Kuliah Penciri Institusi di ITNY.

Pelajar Sragen Novin dan Ardian Bertekad Membuat Hidup Berguna untuk Orang Lain

"Peserta kegiatan ini secara otomatis akan memperoleh konversi nilai untuk Mata Kuliah Technopreneurship," terang Wakil Rektor I ITNY, Dr. Ratna Kartikasari, S.T., M.T.

Selanjutnya, peserta kegiatan ini mendapatkan materi mengenai kreativitas, inovasi, dan kolaborasi dalam kewirausahaan. Juga tentang strategi membangun Start Up bisnis dan tata cara mendirikan perusahaan. Bahkan termasuk kiat-kiat mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), serta keterampilan komunikasi dan negosiasi.

Hasil Survei di Jawa Timur: Masyarakat Tahu Covid-19, Tapi Ogah-Ogahan Terapkan Protokol Kesehatan

Kemudian dalam kegiatan ini diisi dengan CEO Talk yang menghadirkan CEO sekaligus Ketua Asosiasi Pariwisata Nasional, Dr. Ngadiman, S.H., S.E., M.Si.

Dalam sambutannya, Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham, M.T., menjelaskan bahwa partisipasi ITNY dalam kegiatan ini merupakan wujud dari implementasi kerjasama yang terjalin dengan UNTAR.

1.500an Lahan Terdampak Tol Solo-Jogja di Klaten Sudah Didata, Selanjutnya Apa?

Dengan pelatihan kewirausahaan ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa ITNY. Bekal untuk menjadi technopreneur muda di masa yang akan datang.

"Pelatihan kewirausahaan ini selaras dengan visi ITNY untuk menjadi unggulan di bidang technopreneur. Khususnya di bidang energi masa depan," pungkas Ircham.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya