SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sumenep (Solopos.com)–Bangkai kapal perang peninggalan Belanda ‘Fye Noord’ dengan nomor lambung 455-456 ditemukan di dasar laut Pulau Giliraja, Kabupaten Sumenep, Madura. Kapal yang diproduksi di Rotterdam tahun 1914 itu ditemukan warga awal Januari 2011.

Kapal berukuran 7×50 meter itu masih terlihat utuh di dalam dasar laut Pulau Giliraja. Dari informasi yang dihimpun, di dalam kapal tersebut terdapat meriam dan senjata berbagai jenis yang dilengkapi dengan alat perang lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jenis kapal tersebut mirip dengan kapal laut milik TNI AL era 80-an yang menggunakan mesin uap. Di dalam ruang mesin kapal itu juga terdapat tulisan peringatan yang artinya “Bila terjadi panas 90 derajat, mesin harus dimatikan”.

Pembina Saka Bahari Lantamal V Jawa Timur, Serma Muhadi mengatakan, posisi kapal berada di dasar laut dan sudah dikelilingi karang laut serta banyak ikan besar di dekatnya.

“Yang terlihat hanya 1,5 meter dari dasar laut. Sehingga ketinggian kapal belum diketahui. Kalau kedalaman posisi kapal kepermukaan laut antara 7 sampai 8 meter dari surut maksimal,” kata Muhadi, yang juga ikut meneliti bersama tim dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto pada wartawan di jalan Dr Soetomo, Sumenep, Selasa (15/3/2011).

Warga masyarakat yang ingin tahu tepatnya lokasi kapal, kata dia, berada di 670 meter dari pesisir Desa Banmaleng, Kecamatan Giligenting (Pulau Giliraja) atau 8.630 meter
(sama dengan 9 mil) dari daratan Cangkareman, Kecamatan Bluto, Sumenep. “Kalau dilihat dari peta, sebelah barat Pulau Giliraja,” tandasnya.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya