Tutup Iklan

Bangga Produk UMKM Solo Masuk Uniqlo, Gibran sampai Live Instagram

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku bangga produk-produk UMKM Solo bisa tembus dan dipasarkan Uniqlo.

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Menkop, dan UKM Teten Masduki (kedua dari kanan) meninjau produk UKM di Uniqlo Solo Neighborhood Solo Paragon Lifestlye Mall, Selasa (28/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Menkop, dan UKM Teten Masduki (kedua dari kanan) meninjau produk UKM di Uniqlo Solo Neighborhood Solo Paragon Lifestlye Mall, Selasa (28/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kebanggaannya karena produk-produk UMKM Solo bisa tembus dan dijual di gerai-gerai Uniqlo. Ia bahkan sampai membuat tayangan live di akun Instagram-nya untuk memamerkan hal tersebut.

Siaran langsung atau live Instagram itu dilakukan Gibran saat mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengunjungi gerai Uniqlo di Solo Paragon Mall, Selasa (28/9/2021).

Sebanyak 96 UMKM Kota Solo berpartisipasi dalam program kolaborasi Neighborhood yang merupakan instalasi area toko-toko Uniqlo Indonesia yang menampilkan produk lokal.

Baca Juga:  Begini Kata Sosiolog UNS tentang Fenomena Pijat Plus-Plus di Solo

Hingga kini program tersebut telah hadir di 15 kota Indonesia, salah satunya Solo. Program tersebut dievaluasi setiap enam bulan untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UMKM di Kota Solo masuk Uniqlo.

Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia, Irma Yunita, mengatakan program yang diluncurkan pada 2019 itu merupakan bentuk komitmen dalam mendukung upaya pemerintah menumbuhkan UMKM lokal.

Tanda Tangan MoU

Pada kunjungi Menteri Teten itu sekaligus dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan pejabat dari Kemenkop UKM).

Baca Juga: Kesaksian Warga Solo Tinggal di Depan Markas PKI di Pasar Kembang

Hadir dalam acara itu Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dan jajaran serta Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. “Melalui program kolaborasi Neighborhood kami mendukung penumbuhan UMKM lokal,” terang Irma.

Ia menjelaskan penandatanganan MoU diharapkan dapat semakin membuka peluang kerja sama pelaku UMKM lokal dengan pengusaha besar. Dengan begitu produk UMKM semakin mampu bersaing di pasar lokal dan global.

Teten Masduki mengatakan para pelaku UMKM perlu mendapatkan akses pasar yang lebih luas, seperti Uniqlo. Dengan begitu produk UMKM lokal bisa naik kelas dan perekonomian Tanah Air semakin menggeliat.

Baca Juga: Kebun Warga untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantu Cegah Stunting

Menurut Teten, sudah saatnya produk-produk UMKM lokal bisa dipajang dan dipasarkan di pusat-pusat perbelanjaan modern atau mal. Untuk mewujudkan hal itu dia menilai perlunya transfer pengetahuan dan model bisnis. “Selain menarik akses masuk market yang besar, para pelaku UMKM bisa belajar lebih banyak,” ungkapnya.

Mengukur Pembiayaan

Dalam waktu dekat, lanjutnya, Kemenkop UMKM juga akan bekerja sama dengan dengan toko-toko modern lain. Teten mencontohkan di bidang furnitur ada Ikea.

“Jadi pendekatan market sangat penting bagi UMKM untuk kepastian pasar atau harga guna bisa mengukur pembiayaan, sehingga menarik investasi dari bank,” terangnya.

Baca Juga: Pengumuman! SIPA Hybrid Festival 2021 Pindah Lokasi ke TSTJ Solo

Sementara itu, Gibran mengatakan bangga dengan masuknya beberapa produk UMKM Solo ke gerai Uniqlo Solo Paragon Mal. Ia pun sempat melakukan siaran live melalui akun Instagram miliknya di lokasi.

Ia menunjukkan produk-produk UMKM yang telah berhasil menembus pasar mal melalui gerai Uniqlo Solo Paragon.


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Gagalkan Penyelundupan Anjing, Polres Sukoharjo bakal Dapat Penghargaan

Sejumlah komunitas pencinta kucing akan memberikan penghargaan kepada Polres Sukoharjo yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan 53 ekor anjing di Kartasura.

Disperum Solo Tertibkan Kamar Lantai 2 yang Dibangun dengan Dana RTLH

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Solo sudah mendatangi dan menertibkan kamar lantai II di Mojosongo yang dibangun menggunakan dana RTLH.

Vaksinasi Covid-19 Berlanjut, DKK Solo Giliran Sasar Tempat Wisata

Dinas Kesehatan Kota Solo tersebut menggencarkan vaksinasi Covid-19 dengan menyasar warga yang beraktivitas di tempat-tempat wisata seperti TSTJ dan Balekambang.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo Mulai Sasar Pengunjung Tempat Wisata

Vaksinasi Covid-19 di Solo mulai menyasar tempat-tempat wisata. Pada Minggu (28/11/2021), vaksinasi digelar salah satunya di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Konsumsi Anjing di Solo Marak, DMFI Menanti Komitmen Gibran

Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) Kota Solo kembali mendesak Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghentikan perdagangan daging anjing di Kota Bengawan.

9 Remaja Sukoharjo Dijewer Satpol PP saat Pesta Miras di Persawahan

Sembilan orang remaja, dua di antaranya perempuan, digerebek Satpol PP Sukoharjo saat pesta miras di perempatan tengah sawah Desa Sidorejo, Bendosari.

Simpang 4 Jombor Klaten Rawan Kecelakaan, Warga Usul Ada Traffic Light

Warga mengusulkan adanya traffic light karena di persimpangan Jombor, Ceper, Klaten, di jalan Solo-Jogja kerap terjadi kecelakaan.

Tertabrak Pemotor, Pensiunan PNS Meninggal di Jombor Klaten

Seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia setelah kecelakaan di persimpangan jalan raya Solo-Jogja, Desa Jombor, Kecamatan Ceper, Minggu (28/11/2021).

Gory Si Anjing Teman Sukarelawan Gunung Lawu, Unyu Deh

Kisah unik kali ini tentang Gory, si anjing yang menjadi teman sukarelawan pendakian Gunung Lawu.

Asyik... Ada Pasar Kuliner di Candi Cetho Karanganyar

Aneka kuliner tradisional dijajakan di pasar budaya Gumeng yang digelar di Puri Taman Saraswati kompleks Candi Cetho.

Pendaki Gunung Lawu Wajib Pakai Sepatu

Para pendaki yang hendak mendaki ke Gunung Lawu diwajibkan memakai sepatu untuk mencegah terjadinya cedera kaki.

Asale Sangiran, Ternyata Dulunya Lautan Purba di Sragen

Asale situs Sangiran di Sragen, Jawa Tengah, ternyata dulunya merupakan lautan.

Legenda Balung Buto di Sangiran Sragen: Peperangan Manusia vs Raksasa

Objek wisata Museum Sangiran di Kalijambe, Sragen, menyimpan berbagai sejarah, salah satunya legenda balung buto.

Luas Banget! Parkiran Mewah WGM Wonogiri Bisa Tampung 700 Kendaraan

Area parkiran mewah di objek wisata WGM Wonogiri mampu menampung 200 unit mobil dan 500 unit kendaraan.

Parkiran Mewah WGM Wonogiri Punya View Pantai, Ciamik Lur!

Area parkiran objek wisata WGM Wonogiri yang super mewah memiliki view teras pantai yang indah.

Mewah! Parkiran WGM Wonogiri Seharga Rp10,9 Miliar, Ini Wujudnya

Area parkiran objek wisata WGM Wonogiri dibangun super mewah dengan anggaran Rp10,9 miliar.