Bangga Produk UMKM Solo Masuk Uniqlo, Gibran sampai Live Instagram

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku bangga produk-produk UMKM Solo bisa tembus dan dipasarkan Uniqlo.

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Menkop, dan UKM Teten Masduki (kedua dari kanan) meninjau produk UKM di Uniqlo Solo Neighborhood Solo Paragon Lifestlye Mall, Selasa (28/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Menkop, dan UKM Teten Masduki (kedua dari kanan) meninjau produk UKM di Uniqlo Solo Neighborhood Solo Paragon Lifestlye Mall, Selasa (28/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kebanggaannya karena produk-produk UMKM Solo bisa tembus dan dijual di gerai-gerai Uniqlo. Ia bahkan sampai membuat tayangan live di akun Instagram-nya untuk memamerkan hal tersebut.

Siaran langsung atau live Instagram itu dilakukan Gibran saat mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengunjungi gerai Uniqlo di Solo Paragon Mall, Selasa (28/9/2021).

Sebanyak 96 UMKM Kota Solo berpartisipasi dalam program kolaborasi Neighborhood yang merupakan instalasi area toko-toko Uniqlo Indonesia yang menampilkan produk lokal.

Baca Juga:  Begini Kata Sosiolog UNS tentang Fenomena Pijat Plus-Plus di Solo

Hingga kini program tersebut telah hadir di 15 kota Indonesia, salah satunya Solo. Program tersebut dievaluasi setiap enam bulan untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UMKM di Kota Solo masuk Uniqlo.

Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia, Irma Yunita, mengatakan program yang diluncurkan pada 2019 itu merupakan bentuk komitmen dalam mendukung upaya pemerintah menumbuhkan UMKM lokal.

Tanda Tangan MoU

Pada kunjungi Menteri Teten itu sekaligus dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan pejabat dari Kemenkop UKM).

Baca Juga: Kesaksian Warga Solo Tinggal di Depan Markas PKI di Pasar Kembang

Hadir dalam acara itu Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dan jajaran serta Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. “Melalui program kolaborasi Neighborhood kami mendukung penumbuhan UMKM lokal,” terang Irma.

Ia menjelaskan penandatanganan MoU diharapkan dapat semakin membuka peluang kerja sama pelaku UMKM lokal dengan pengusaha besar. Dengan begitu produk UMKM semakin mampu bersaing di pasar lokal dan global.

Teten Masduki mengatakan para pelaku UMKM perlu mendapatkan akses pasar yang lebih luas, seperti Uniqlo. Dengan begitu produk UMKM lokal bisa naik kelas dan perekonomian Tanah Air semakin menggeliat.

Baca Juga: Kebun Warga untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantu Cegah Stunting

Menurut Teten, sudah saatnya produk-produk UMKM lokal bisa dipajang dan dipasarkan di pusat-pusat perbelanjaan modern atau mal. Untuk mewujudkan hal itu dia menilai perlunya transfer pengetahuan dan model bisnis. “Selain menarik akses masuk market yang besar, para pelaku UMKM bisa belajar lebih banyak,” ungkapnya.

Mengukur Pembiayaan

Dalam waktu dekat, lanjutnya, Kemenkop UMKM juga akan bekerja sama dengan dengan toko-toko modern lain. Teten mencontohkan di bidang furnitur ada Ikea.

“Jadi pendekatan market sangat penting bagi UMKM untuk kepastian pasar atau harga guna bisa mengukur pembiayaan, sehingga menarik investasi dari bank,” terangnya.

Baca Juga: Pengumuman! SIPA Hybrid Festival 2021 Pindah Lokasi ke TSTJ Solo

Sementara itu, Gibran mengatakan bangga dengan masuknya beberapa produk UMKM Solo ke gerai Uniqlo Solo Paragon Mal. Ia pun sempat melakukan siaran live melalui akun Instagram miliknya di lokasi.

Ia menunjukkan produk-produk UMKM yang telah berhasil menembus pasar mal melalui gerai Uniqlo Solo Paragon.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tangkarkan Benih Padi, Pria Asal Kajen Klaten Raup Omzet Rp1 M/Tahun

Dalam setahun, omzet yang diperoleh Suwono, 70, bisa mencapai Rp1 miliar dengan pendapatan bersih sekitar Rp500 juta.

Awas Nabrak Lur! Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan Depan TSTJ Solo

Warga berharap tiang listrik di tengah jalan depan objek TSTJ, Jebres, Solo, bisa digeser ke tepi jalan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Wagub Jateng Dorong Adanya Wisata Halal di Tawangmangu, Ini Maksudnya

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong wisata halal di Tawangmangu untuk membidik wisatawan dari negara muslim.

Maling Kotak Infak di Masjid Ngawonggo Klaten Lolos dari Kejaran Warga

Sebelum menggondol kotak infak, maling berjenis kelamin pria itu sempat mondar-mandir di depan masjid.  

Breaking News! Api Melalap Hunian Warga di Klandungan Sragen

Sedikitnya tiga rumah warga Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal, Sragen dilalap api.

Jangan Coba Buru Satwa Liar di Area Ini, Bisa Kena Denda Rp10 Juta Lur

Pemerintah Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen mengeluarkan peraturan desa untuk melindungi satwa liar di wilayah mereka.

Beredar Info Solar Langka, Kapolres Sukoharjo Langsung Patroli ke SPBU

Aparat Polres Sukoharjo melakukan patroli ke sejumlah SPBU menanggapi informasi yang beredar di masyarakat bahwa solar saat ini langka.

PPKM Turun Level, Penumpang KRL Solo-Jogja dan Prameks Terus Meningkat

Jumlah penumpang KRL Solo-Jogja mengalami kenaikan setelah ada pelonggaran aturan seiring turunnya status PPKM ke level 2.

Belasan UKM di Klaten Korban Order Fiktif Rp2 Juta Lapor ke Polisi

Aksi orang tak dikenal yang menipu para pedagang kecil dinilai sangat merugikan masyarakat dan pengelola panti asuhan putri di Tonggalan, Klaten Tengah.

Belasan UKM di Klaten Kena Order Fiktif, Antar Pesanan hingga Rp2 Juta

Belasan pelaku UKM itu telanjur mengirim pesanan ke Panti Asuhan Putri Aisyiyah di Tonggalan, Klaten Tengah, padahal pengelola panti tersebut sama sekali tidak memesan seblak atau bakso dari para pedagang kecil.

Libur Maulid Nabi, Tawangmangu Cenderung Sepi

Arus lalu lintas di Tawangmangu, Karanganyar, pada libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/10/2021) cenderung sepi.

Ingin Ormas Islam Bersatu, Bupati Karanganyar Adakan Pengajian Rutin

Bupati ingin menggelar pengajian rutin yang melibatkan ormas Islam di Karanganyar agar mereka bersatu membangun masyarakat.

Nunggak Pajak, Aset Perusahaan di Solo Senilai Rp560 Juta Disita 

Aset salah satu perusahaan di Solo senilai lebih dari Rp560 juta disita Kanwil Ditjen Pajak Jateng II lantaran menunggak pembayaran PPN tahun 2018.

Peringati HUT Taman Doa, Umat Katolik Sragen Nyalakan 1.000 Lilin

HUT ke-4 Taman Doa Santa Perawan Maria Di Fatima di Ngrawoh, Gesi, Sragen, dirayakan umat Katolik dengan melakukan Misa dan menyalakan 1.000 lilin di sekitar Patung Bunda Maria.

Akomodasi Pekerja, DKK Sukoharjo Buka Vaksinasi Covid-19 Malam Hari

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo membuka vaksinasi Covid-19 malam hari untuk mengakomodasi para pekerja yang tak bisa meninggalkan pekerjaan siang hari.

Biar Ramai, Pedagang Bonsai Buka Lapak di Sentra Kuliner Sragen

Sentra Kuliner Veteran Brigjen Katamso Sragen tampil beda dengan deretan tanaman bonsai yang dipajang di halaman depan.