SOLOPOS.COM - Situasi Lanud Wirasaba, Purbalingga. (Youtube.com)

Bandara Purbalingga diharapkan Gubernur Ganjar bisa dipercepat pengembangannya dengan menghubungi Menteri Perhubungan (Menhub) baru.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku akan menghubungi Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan yang baru guna mempercepat realisasi pengembangan Pangkalan Udara Wirasaba di Kabupaten Purbalingga menjadi bandara komersial.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

“Setelah terjadi pergantian menteri, maka saya akan kontak Pak Budi Karya agar beliau mengerti persis soal ini karena sekarang yang dibutuhkan adalah akselerasi percepatan pembangunannya,” katanya di Semarang, Kamis (28/7/2016).

Ganjar mengungkapkan bahwa saat Budi Karya Sumadi masih menjabat sebagai Direktur Utama PT Angkasa Pura II, dirinya pernah berkomunikasi langsung mengenai rencana pengembangan Lanud Wirasaba menjadi bandara komersial di Purbalingga. “Saat itu, saya diminta langsung menyampaikan ke Ignasius Jonan selaku Menteri Perhubungan,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Ganjar menjelaskan bahwa saat ini sedang dipersiapkan adanya Peraturan Presiden untuk pengembangan Lanud Wirasaba. “Melalui perpres itu, diatur secara khusus detail pengembangan bandara tersebut,” kata mantan anggota DPR itu.

Kalangan anggota DPRD Jateng mendukung pengembangan Pangkalan Udara Wirasaba di Kabupaten Purbalingga menjadi bandara komersial. “Pengembangan Lanud Wirasaba menjadi bandara komersial mendesak dilakukan dalam waktu dekat,” ujar anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Khayatul Maki.

Menurut dia, warga Jateng bagian selatan membutuhkan adanya pengembangan Lanud Wirasaba menjadi bandara komersial, terutama terkait dengan sektor ekonomi dan industri. Ia menjelaskan bahwa pengembangan Lanud Wirasaba juga dapat untuk menunjang potensi wisata di daerah setempat.

Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono mengatakan bahwa pengembangan Lanud Wirasaba menjadi bandara komersial perlu didorong semua pihak agar daerah di seputar Kabupaten Purbalingga juga dapat merasakan manfaat dan keuntungannya, terutama di bidang ekonomi. “Pengembangan Lanud Wirasaba dapat menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian di daerah sekitar bandara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya