Bandara Ngloram Diminta Buka Penerbangan Komersial Lagi, Ini Kata Bupati Blora

Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), diminta untuk kembali melayani penerbangan komersial.

 Pendaratan pesawat di Bandar Udara Ngloram di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. (Antaranews.com)

SOLOPOS.COM - Pendaratan pesawat di Bandar Udara Ngloram di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. (Antaranews.com)

Solopos.com, BLORA — Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, diminta kembali melayani rute penerbangan komersial. Menanggapi hal itu, Bupati Blora, Arief Rohman, pun sepakat. Kendati demikian, Bupati Blora meminta kepada maskapai yang melayani penerbangan komersial di Bandara Ngloram untuk tidak mematok harga tiket yang terlalu mahal.

“Semoga nanti tiketnya juga terjangkau. Tidak terlalu mahal. Jika satu juta [rupiah] lebih, misalnya Rp1,4 juta atau Rp1,6 juga, maka banyak calon penumpang yang lebih memilih kereta api. Namun, jika bisa satu juta [rupiah] atau kurang, maka pasar akan tumbuh positif. Semoga ada kesepakatan harga yang kompetitif,” ujar Bupati Blora dikutip dari laman jatengprov.go.id, Jumat (30/9/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Bandara Ngloram sebenarnya sudah pernah melayani rute penerbangan komersial. Meski demikian, penerbangan komersial itu terhenti karena Bandara Halim Perdanakusuma ditutup akibat renovasi.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, pun meminta agar penerbangan komersial di Bandara Ngloram Blora kembali dibuka. Bahkan, Menhub meminta agar maskapai penerbangan yang melayani bisa membuka penerbangan tiga kali dalam sepekan.

“Memang kemarin penerbangan sempat terhenti karena Bandara Halim Perdanakusuma sedang direnovasi. Saat ini, seiring dengan selesainya renovasi, kami minta penerbangan dari dan menuju Ngloram, via Halim Perdanakusuma bisa dibuka kembali. Tiga kali sepekan ya, sepakat?” ujar Menhub saat memimpin rapat koordinas dengan Dirjen Perhubungan Udara, Staf Khusus Menteri, para bupati dan stakeholder kawasan Blora, Bojonegoro, Rembang, Tuban, dan Grobogan, di kantornya, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Diresmikan Presiden Jokowi, Tiga Bandara Ini Masih Sepi dari Penumpang

Menhub juga meminta pemerintah daerah di sekitar Bandara Ngloram bisa saling mendukung untuk terselenggaranya penerbangan komersial di Bandara Ngloram. Kendati demikian, kapan waktu penerbangan komersial di Bandara Ngloram kembali dibuka, Bupati Blora mengaku masih menunggu tahapan penyiapan izin pembukaan penerbangan dan lainnya.

“Kita inginnya secepatnya, tapi tetap harus melalui proses sesuai aturan penerbangan. Semoga saja semuanya lancar,” ujar Bupati Arief.

Bandara Ngloram di Cepu Blora dibangun pada 1980-an dan sempat beroperasi hingga 1984. Kemudian pada tahun 2018, bandara ini dilakukan renovasi dengan anggaran mencapai Rp80 miliar dan selesai pada 2021.

Baca juga: Resmikan Bandara Ngloram di Blora, Ini Harapan Presiden Jokowi

Bandara Ngloram pun diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Desember 2021. Meski demikian, bandara itu saat ini terkesan mangkrak karena tidak ada jadwal penerbangan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bagikan Cokelat, Cara Polres Salatiga Sosialisasikan Nomor Layanan Aduan

      Brosur yang dibagikan kepada masyarakat bukan hanya tentang Layanan 110, namun juga berisi informasi layanan publik yang ada di Polres Salatiga berupa pembuatan SIM, SKCK, tata cara pelaporan di SPKT dan layanan sidik jari Sat Reskrim.

      Desa Conto Wonogiri Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022 untuk Kategori Ini

      Desa Wisata Conto di Kabupaten Wonogiri didapuk sebagai desa wisata terbaik Jateng 2022 untuk kategori Sapta Pesona dan CHSE.

      Lima Kata Khas Semarangan, Nomor Satu Kasar bin Agresif

      Berikut lima kata-kata yang menjadi ciri khas bahasa daerah Semarang atau Semarangan.

      Selamat! Desa di Banyumas Ini Raih Predikat Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Wisata Pekunden di Kabupaten Banyumas dinobatkan sebagai desa wisata terbaik atau meraih juara pertama dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah (Jateng) 2022.

      Solidaritas, Napi & Sipir Lapas Semarang Galang Dana bagi Korban Gempa Cianjur

      Napi dan sipir Lapas Kedungpane Semarang menggelar doa bersama dan menggalang dukungan bagi korban gempa Cianjur.

      225 Pemuda Jateng Ditempa Jadi Pebisnis di Salatiga

      Yayasan Plan Indonesia dan SPPQT memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ratusan pebisnis muda asal Jateng di Salatiga.

      Miris, Gaji Guru Madrasah di Blora Rp50.000 per Bulan

      Gaji guru madrasah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), disebut masih jauh di bawah kesejahteraan yakni Rp50.000 per bulan.

      Kongres Ulama di Jepara Berakhir, Ini 8 Rekomendasi untuk Pemerintah Jokowi

      Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II yang digelar di Jepara, Jateng, telah resmi berakhir dengan menghasilkan 8 rekomendasi.

      Janjikan Bisa Lolos CPNS, Guru PNS di Grobogan Dilaporkan ke Polisi

      Dua PNS, di mana salah satunya guru SMP dilaporkan ke polisi atas dugaan penipuan penerimaan CPNS di Kabupaten Grobogan.

      Selamatkan Lahan Kritis, Pemprov Jateng Tanam Jutaan Pohon

      Pemprov Jateng telah melakukan penanaman jutaan pohon sebagai upaya menyelamatkan lahan kritis.

      Sopir Ambulans di Ambarawa Jadi Korban Pembunuhan, Pelaku Diduga Perempuan

      Seorang sopir ambulans di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, diduga menjadi korban pembunuhan seorang perempuan.

      Truk Salip Truk di Jalan Kudus-Pati, Pengendara Vario Jadi Korban

      Kecelakaan maut melibatkan truk tronton dengan pengendara sepeda motor Vario terjadi di Jalan Kudus-Pati, Kabupaten Kudus.

      Warga Belum Terima Ganti Rugi Tol Semarang-Demak, PPK: Tidak Ada Nama Suparwi

      Seorang warga Desa Pulosari, Kecamatan Karangtengah, Demak, mengeklaim belum mendapatkan uang ganti rugi atas tanah yang digunakan pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi II.

      Hilang Sejak Kamis, Kakek asal Grobogan Ditemukan Meninggal di Sawah

      Seorang kakek berusia 64 tahun asal Grobogan ditemukan meninggal dunia di area sawah dalam posisi tergeletak.

      Kebut Proyek Tol Semarang-Demak, Gubernur Ganjar Bentuk Tim Khusus

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membentuk tim khusus untuk mempercepat pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi I.

      Serunya Visiting Day KB-TK Kristen I Satya Wacana Salatiga

      Gebyar acara Visiting Day juga dimeriahkan dengan pameran hasil karya anak selama pembelajaran dalam satu semester bertemakan “Sea”.