SOLOPOS.COM - Warga Glagah mencabut paksa patok penanda lokasi bandara, Jumat (10/1/2014). (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Bandara Kulonprogo akan memasuki proses pemasangan patok

Harianjogja.com, JOGJA-Sebagian warga yang terdampak proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo, tetap menolak pemasangan patok yang akan dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Bahkan warga akan mengadang jika tanahnya dipatok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami juga memiliki hak untuk mempertahankan tanah kami. Tolong hargai kami yang menolak bandara,” kata Ketua Paguyuban Wahana Tri Tunggal (WTT), Martono, saat dihubungi, Minggu (15/11/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Wahana Tri Tunggal merupakan paguyuban yang getol menolak proyek pembangunan bandara. Namun, Martono juga mempersilahkan BPN mendata tanah-tanah milik pemerintah dan tanah milik warga yang setuju digusur.

Rencananya, Kantor Wilayah BPN DIY melalui Satgas Pengukuran dan Satgas Inventarisasi akan turun ke lapangan, hari ini (16/11/2015), untuk sosialisasi, dilanjutkan pengukuran dan pendataan kepemilikan tanah. Hasil pendataan tersebut akan dijadikan dasar untuk tim appraisal menentukan besaran harga ganti rugi.

Martono mengaku pihaknya belum mendapat undangan sosialisasi dari BPN. Meski demikian, warga tetap akan mendatangi lokasi sosialisasi untuk menyampaikan aspirasi. “Kita sudah siap menghadapi apa pun resikonya.” tegasnya.

Ia mengungkapkan, masih ada ratusan warga yang menolak pembangunan bandara atau sekitar 40% dari total warga yang terdampak bandara. Martono meyakini warga yang saat ini mendukung pun tidak serta merta merelakan tanahnya diambil, jika negosiasi harga tidak sesuai maka akan menolaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya