BANDARA KULONPROGO : Warga Terdampak Mulai Pindah

BANDARA KULONPROGO : Warga Terdampak Mulai Pindah

SOLOPOS.COM - Warga terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) makan bersama usai acara doa bersama dan selamatan di lahan relokasi wilayah Desa Glagah, Temon, Kulonprogo, Selasa (19/9/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo, lahan relokasi siap ditempati

Solopos.com, KULONPROGO -- Pemkab Kulonprogo mengklaim sebanyak 170 unit hunian relokasi warga terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) siap ditempati. Pindahan rumah bakal dilakukan secara bertahap.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo usai menghadiri acara doa bersama dan selamatan bersama warga terdampak di lahan relokasi wilayah Desa Glagah, Temon, Kulonprogo, Selasa (19/9/2017). Dia mengatakan, sudah ada beberapa warga yang mulai mengurus pindahan ke hunian relokasi.

“Jadi warga sudah pindah sebelum batas waktunya habis, meski memang bertahap,” ucap Hasto.

Hasto memaparkan bangunan bisa dikatakan layak ditempati apabila sudah beratap dan berpintu serta dilengkapi dengan jaringan listrik, air, dan fasilitas MCK. Dia lalu mendorong warga terdampak segera menyelesaikan pembangunan hunian relokasi agar bisa menyusul pindah secepatnya. Dia berharap pindahan secara boyongan benar-benar bisa terlaksana maksimal paska bulan Sura berakhir.

“Tapi tetap bagi yang rumahnya sudah bisa ditempati, mulai sekarang kami minta pindah dan menempati relokasi ini,” kata Hasto.

Hasto lalu mengatakan Pemkab Kulonprogo masih berusaha merealisasikan pembangunan fasilitas sosial maupun fasilitas umum di lahan relokasi. Fasilitas itu antara lain berupa gedung sekolah, masjid, dan jalan lingkungan. Selain menggunakan kompensasi atas aset daerah yang ikut terdampak bandara, Pemkab Kulonprogo juga mengupayakan pos anggaran dari sumber lainnya.

Setidaknya sebanyak 279 KK mengikuti program relokasi yang tersebar di lima desa, yaitu Glagah, Jangkaran, Kebonrejo, Palihan, dan Janten. Beberapa waktu lalu, mereka menerima Surat Perintah Pengosongan Lahan yang dilayangkan PT Angkasa Pura I. Mereka diminta meninggalkan kawasan pembangunan bandara paling lambat pada Jumat (22/9/2017).

Berita Terkait

Berita Terkini

Ratusan Kendaraan Disetop di Pos Penyekatan Selogiri Wonogiri, Pengendara Dites Antigen

Sekitar 200 kendaraan berpelat nomor luar daerah disetop di pos penyekatan pemudik di Jembatan Timbang, Selogiri, Wonogiri.

Ini Inspirasi Bulan Madu Sesuai Zodiak!

Pemilik tanda zodiak beruntung yang bepergian honeymoon atau berbulan madu perlu inspirasi sesuai astrologi atau ramalan bintang meeka.

Tragis! 3 Orang Di Garut Tewas Tenggelam di Septic Tank

Septic tank diperkirakan mengandung gas beracun membuat para korban lemas dan tidak sadarkan diri dan meninggal.

Ucapkan Selamat Ulang Tahun, AHY-Anies Makin Mesra?

Hubungan Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Rasyid Baswedan atau AHY-Anies semakin mesra setelah pertemuan tertutup Kamis (6/5/2021) sore.

TWK Alih Status Pegawai KPK Dinilai seperti Tes terhadap PKI

Nursyahbani Katjasungkana, mengatakan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sama seperti mengetes terhadap seseorang yang diduga terlibat Partai Komunis Indonesia atau PKI.

54 Perusahaan di Jateng Diadukan Soal THR, Banyak di Solo & Semarang

Perusahaan yang diadukan itu mayoritas berjenis padat karya di bidang garmen atau tekstil.

Tak Pakai Masker Hingga Uyel-Uyelan, Banyak Warga Abai Prokes Di Pasar & Mal Sukoharjo

Petugas patroli Satpol PP Sukoharjo menemukan masih banyak masyarakat yang abai prokes saat berbelanja di mal maupun pasar tradisional.

Wali Kota Solo Abaikan Kebijakan Pusat, Dishub Jateng Tutup Mulut...

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengabaikan larangan mudik lokal atau mudik sesuai pemerintah pusat dan Dishub Jateng.

Terpaksa Mudik? Ini Syarat dan Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Covid-19

Pelaku perjalanan yang dikhususkan bagi yang dikecualikan harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SKIM) dan Surat Bebas Covid-19 dengan menggunakan tes PCR atau Rapid Test Antigen maupun GeNose C19.

IDI Pusat Apresiasi Produk Eucalyptus Peneliti Kementan

Hasil penelitian Eucalyptus yang dilakukan sangat luar biasa dan berkembang dengan sangat baik.

Viral Pria Ngeyel Pakai Kursi Roda di Tengah Jalan Widuran Solo, Bisa Picu Kecelakaan Maut

Pria pengguna kursi roda di Solo ini membuat pengguna jalan lain cemas. Dia kerap berada di tengah jalan dan memicu kecelakaan maut.

Bupati Karanganyar: Takbiran Keliling Dilarang, Takbiran di Masjid Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melarang takbiran keliling. Sebagai gantinya takbiran hanya boleh dilakukan di dalam masjid dan musala.