SOLOPOS.COM - Sri Sultan Hamengku Buwono X-Gubernur DIY (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Bandara Kulonprogo masuk proses pendataan tanah

Harianjogja.com, JOGJA-Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap pendataan tanah bakal New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo, cepat diselesaikan. Sultan Khawatir jika tertunda-tunda banyak kepentingan masuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau mundur-mundur, nanti banyak kepentingan masuk.” kata Sultan di Kepatihan, Selasa (17/11/2015).

Sultan mengaku tidak mempunyai kewenangan memaksa agar pendataan tanah segera diselesaikan, karena proyek bandara menurutnya berada di wilayah pemerintah pusat melalui PT. Angkasa Pura dan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Raja Kraton Ngayogyakarta ini menduga BPN belum memulai pendataan tanah karena masih dalam proses revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Sultan mengakui BPN memiliki dana darurat yang bisa menalangi sementara biaya operasional pendataan tanah.

“Tapi kalau prinsipnya nanti tak disetujui [Kementrian Keuangan] bisa jadi temuan, siapa yang mau ganti dananya.” jelas Sultan.

Rencana pengukuran lahan bandara oleh Kantor Wilayah BPN DIY dimulai pada Senin (16/11/2015) lalu. Hal itu telah disepakati saat pertemuan antara Kementrian Agraria, Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan, BPN DIY, dan Pemda DIY di hotel Royal Ambarukmo, Jumat, pekan lalu.

Pendataan tanah ini sudah tertunda kedua kalinya. Sebelumnya, pengukuran dan inventarisasi lahan dijadwalkan pada Selasa, pekan lalu, namun urung dilaksanakan. Dugaan kuat penundaan itu karena dana operasional pengukuran lahan bandara yang diajukan BPN melebihi PMK Nomor 13/PMK.02/2013.

Dalam PMK tersebut maksimal biaya operasional pendataan tanah bandara Rp1,6 miliar, namun yang diajukan BPN sebesar Rp9 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya