SOLOPOS.COM - Warga WTT mengawasi petugas dari Satgas B yang melakukan inventarisasi lahan di lokasi pembangunan calon bandara baru DIY di Dusun Kepek, Desa Glagah, Rabu (25/11/2015). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Bandara Kulonprogo, Pemkab akan tetap terlibat dalam proses pengukuran dan inventaris.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Proses pengukuran dan inventarisasi tanah di lokasi calon bandara baru masih terus berjalan. Sementara itu, Pemkab Kulonprogo mulai mempersiapkan finalisasi relokasi untuk sejumlah fasilitas umum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekda Kulonprogo Astungkoro mengatakan, pihak Pemkab Kulonprogo tetap terlibat dalam Satgas A dan B untuk dapat segera membantu menyelesaikan tahapan pengukuran dan inventarisasi lahan lokasi pembangunan bandara. Di samping itu, Pemkab juga tengah mempersiapkan finalisasi relokasi fasilitas-fasilitas umum.

“Seperti gereja, masjid, sekolah, kami sedang siapkan di mana akan ditempatkan. Semua itu sedang kami persiapkan saat ini,” ujar Astungkoro saat dihubungi Harianjogja.com, Rabu (25/11/2015).

Astungkoro memaparkan, sejumlah aspirasi warga juga tengah digodog pemerintah. Salah satunya, desain tempat tinggal seperti yang disampaikan sejumlah warga pada saat Sosialisasi pengukuran tanah di Balaidesa Glagah, Senin (23/11/2015) lalu. Namun, terkait desain rumah, Astungkoro menjelaskan, tahapan itu akan dilakukan nanti setelah proses pengadaan tanah selesai dilakukan.

Lebih lanjut Astungkoro mengungkapkan, sampai saat ini detail engineering design (DED) juga terkait penataan pemukiman baru bagi warga terdampak masih belum disusun. Penyusunan masterplan tersebut nantinya akan melibatkan seluruh warga terdampak.

“Nanti kalau pengadaan tanah sudah selesai kami akan mendiskusikan bentuk rumah atau desainnya, bagaimana penataan dan penempatannya. Kami akan diskusikan dengan warga terdampak, jadi tidak sepihak,” jelas Astungkoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya