SOLOPOS.COM - Masterplan bandara baru Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo. (Istimewa)

Bandara Kulonprogo, pembangunan dikebut.

Harianjogja.com, JOGJA – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY terus mengebut dukungan berbagai tahapan pembangunan Bandara Kulonprogo. Peletakan batu pertama (ground breaking) New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini dimungkinkan bisa dilakukan pada Oktober 2016. Mengingat pembayaran ganti rugi lahan akan dilakukan pada 14 September 2016 mendatang atau mundur dari rencana sebelumnya pada 20 Agustus 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mantan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengusulkan 15 Oktober 2016 dipilih sebagai hari pertama dimulainya pembangunan fisik Bandara di Kulonprogo. Alasannya 15 Oktober merupakan hari jadi Kabupaten Kulonprogo sehingga diharapkan menjadi awal yang baik.

Selain itu proses pembayaran ganti rugi lahan akan dilakukan pada 14 September 2016. Menurutnya, mengawali pembangunan fisik tidak harus menunggu seluruh pembayaran dan pembebasan lahan terselesaikan. Karena, sejumlah lahan Paku Alam Ground yang tidak bermasalah, dimungkinkan bisa menjadi titik awal lebih pembangunan.

“Tidak harus total untuk dilakukan tahapan selanjutnya, seperti ground breaking. Pak Jokowi [Presiden RI Joko Widodo] nyata-nyata 2019 harus beroperasi. Tanah Paku Alam cukup luas, untuk nyicil proses bandara,” ungkap Hasto di Kepatihan, Rabu (24/8/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya