SOLOPOS.COM - Direktur Angkasa Pura I, Danang S. Baskoro (tengah) dan Kajati DIY Tony Spontana (dua kanan) menyampaikan hasil putusan Mahkamah Agung terkait pembatalan keputusan gugatan keberatan warga terdampak oleh Pengadilan Negeri Wates di Kota Kembang Resto, Baciro, Senin (6/2/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo menjadi salah satu tumpuan pariwisata di Indonesia

Harianjogja.com, JOGJA — Bandara baru Jogja diharapkan menjadi bandara utama yang memiliki runway atau landasan pacu terpanjang. Ditargetkan Maret hingga Juni 2019, New Yogyakarta International Airport (NYIA) dapat dioperasikan.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Danang S. Baskoro mengungkapkan pada fase pertama pembangunan runway akan dibuat dengan lebar 60 meter dan panjang 3.250 meter. Sedangkan fase kedua, panjang runway yang akan dibangun mencapai 3.600 meter.

“Bandara ini akan mampu menampung pesawat berukuran besar dengan lebar 60 meter, bahkan di bandara di Semarang dan Solo tidak ada. Lalu runway akan lebih panjang dari [bandara] Bali dan Surabaya,” ujar Danang saat menggelar jumpa wartawan di Kota Kembang Resto, Baciro, Gondokusuman, Senin (6/2/2017).

Danang mengatakan pembangunan runway akan memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, banyak persyaratan dalam membangun landasan pacu pesawat. Di antaranya terkait amdal, kondisi cuaca menurut BMKG, masalah KKOP hingga persoalan mitigasi bencana. Hal itu mengingat lokasi bandara yang berada di pinggir pantai yang memiliki potensi bencana tsunami.

“Kami sudah mitigasi semua masalah teknis dan kondisi alam yang ada di Kulonprogo. Diharapkan pada Maret 2019, runway dapat selesai, sehingga bandara dapat segera dioperasikan,” ungkap Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya