SOLOPOS.COM - Sosialisasi pembangunan Bandara Kulonprogo di Desa Sindutan Temon., Selasa (16/9/2014). (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sebagian warga salah persepsi soal sosialisasi rencana pembangunan bandara di Kulonprogo.

Salah satunya, tentang tanda tangan daftar hadir yang dikira tanda persetujuan pembangunan bandara di wilayah Temon.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Tim Sosialisasi Pengadaan Bandara Baru Sulistyo menuturkan sudah menyampaikan kepada warga yang mengikuti sosialisasi, penandatanganan daftar hadir hanya untuk presensi kehadiran dalam sosialisasi.

“Tidak ada kaitannya dengan setuju atau menolak bandara,” ujarnya, Jumat (19/9/2014).

Menurut dia, warga yang datang ke sosialisasi hanya mendengarkan pemaparan tentang rencana pembangunan bandara, sedangkan persetujuan atau penolakan dilakukan pada tahap konsultasi publik.

“Tahap konsultasi publik sudah dijadwalkan pada minggu ketiga November 2013 sampai dengan minggu keempat Januari 2015,” sebut Sulistyo.

Terkait warga yang terlewat dan tidak mendapat undangan sosialisasi, ia mengatakan [warga] tetap dapat ikut serta dalam konsultasi publik.

Sesuai jadwal yang dibuat, terangnya, seusai sosialisasi akan dilakukan tahap pendataan awal mulai dari minggu pertama Oktober sampai dengan minggu kedua November 2014.

Sulistyo menguraikan tahap pendataan awal bertujuan untuk mengetahui secara pasti warga yang terdampak pembangunan bandara termasuk, mengingat nama warga yang diundang dalam sosialisasi masih berdasarkan nama pada kepemilikan sertifikat tanah.

“Padahal orang yang memiliki tanah tersebut bisa saja sudah meninggal dan diteruskan ke anak cucunya,” jelasnya.

Hasil pendataan awal, imbuh dia, juga dapat melihat jumlah warga terdampak yang tidak memiliki lahan karena hanya bekerja sebagai buruh tani.

Dinilainya, jika semua sudah jelas dan terpetakan maka tahap konsultasi publik yang berfungsi untuk menampung keinginan warga dapat direalisasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya