Bandara Internasional Banyuwangi Raih Penghargaan Arsitektur Terbaik Dunia

Bandara Internasional Banyuwangi di Blimbingsari, Jawa Timur baru saja meraih penghargaan arsitektur terbaik dunia lewat ajang The 2022 Aga Khan Award for Architecture (AKAA) yang diumumkan, Kamis, (22/9/2022) kemarin di Jenewa, Swiss. 

 Bandara Banyuwangi (Wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Bandara Banyuwangi (Wikipedia.org)

Solopos.com, JAKARTABandara Internasional Banyuwangi di Blimbingsari, Jawa Timur baru saja meraih penghargaan arsitektur terbaik dunia lewat ajang The 2022 Aga Khan Award for Architecture (AKAA) yang diumumkan pada Kamis, (22/9/2022) kemarin di Jenewa, Swiss. Bangunan megah karya arsitek Andra Matin itu merupakan bandara yang mengusung konsep green airport pada terminal pesawat.

Dengan konsep tersebut, bandara ini tidak mengandalkan pendingin udara namun tetap memberikan kenyamanan bagi penumpang. Kehadiran bandara dengan konsep tersebut juga diproyeksi mampu menjadi pelopor dalam pembangunan konstelasi arsitektur bandara di Indonesia ke depannya.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Terdapat terminal penumpang seluas 7.000 meter persegi dan berkapasitas 3 juta penumpang per tahun. Desain atapnya mengusung tema rumah Suku Osing yaitu masyarakat asli Banyuwangi. Tak heran, arsitektur yang unik ini menjadi salah satu landmark di Jawa Timur.

Baca Juga Putin Bertekad Gunakan Semua di Perang Rusia Vs Ukraina

Sejak tahun 2017, Bandara Banyuwangi dikelola oleh AP II dan terus melakukan pengembangan, termasuk memperkuat implementasi green airport. Bahkan, saat ini bandara tersebut telah memegang sertifikasi Greenship Existing Building.

Penerapan green airport dilakukan melalui program efisiensi dan konservasi energi melalui pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi di bandara. Panel surya dalam sistem PLTS ini dipasang di atap gedung Airport Rescure and Fire Fighting (ARFF) dan gedung Main Power Station (MPS).

Pemanfaatan dilakukan di atas atap seluas 3.300 meter persegi dengan maksimal kapasitas on-grid sebesar 150 KWp (kilowatt peak). Penghargaan Aga Khan 2022 mengakui bangunan Bandara Banyuwangi berhasil menggabungkan arsitektur ciamik dengan fungsionalitas dan pengaturan disposisi yang optimal.

Baca Juga OTT Mahkamah Agung, KPK Dikabarkan Tangkap Hakim

Apalagi dengan teknologi modern yang diusung sehingga implementasi operasional bandara semakin efisien. Ajang internasional itu juga menilai bandara ini dapat menjadi game-changer dalam arsitektur bandara RI, mengingat pemerintah Indonesia saat ini dicanangkan akan membangun sekitar 300 bandara lain di berbagai daerah.

Di sisi lain, Aga Khan Award 2022 memberikan penghargaan tersebut kepada 5 negara dengan sejumlah arsitektur andalan. Beberapa negara yang masuk dalam jajaran pemenang yaitu Bangladesh, Indonesia, Iran, Lebanon, dan Senegal.

Bangladesh meraih penghargaan untuk dua bangunan arsitektur yaitu Urban River Space di Jhenaidah dan Community Spaces in Rohingya Refugee Response di Cox’s Bazar. Selain itu, Iran meraih penghargaan untuk bangunan Argo Contemporary Art Museum and Cultural Centre di Tehran.

Baca Juga Hakim Agung MA Kena OTT, Wakil Ketua KPK Sedih

Sementara Lebanon meraih penghargaan untuk bangunan Renovation of Niemeyer Guest House di Tripoli dan Senegah mendapat penghargaan untuk bangunan Kamanar Secondary School di Thionck Essyl.

Sebagai informasi, Aga Khan Award menilai kriteria bangunan terbaik dengan melihat keunggulan arsitektur kontemporer, social housing, kontribusi dalam pengembangan masyarakat, pelestarian sejarah, konservasi kawasan, desan lansekap dan perbaikan lingkungan, penggunan teknologi yang inovatif, dan pemanfaatan sumber daya lokal.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Bandara Internasional Banyuwangi Raih Penghargaan Arsitektur Terbaik Dunia di AKAA 2022

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pengacara Gubernur Lukas Enembe: Pak Presiden, Klien Kami Benar-Benar Sakit

      Lukas Enembe menderita sejumlah riwayat penyakit sehingga harus menjalani pengobatan di Singapura, termasuk empat kali serangan stroke.

      Pengacara: Gubernur Papua Lukas Enembe Susah Berbicara

      Menurut Roy Rening, sakit Gubernur Papua Lukas Enembe serius sehingga susah berbicara.

      Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Polisi: Paket Dikirim Maret 2021

      Pria Indramayu berinisial S, pengirim paket yang meledak di asrama Brimob Sukoharjo, Jawa Tengah pada Minggu (25/9/2022) petang itu mengirimkan paket ke Jawa Tengah pada Maret 2021.

      Presiden Jokowi Minta Gubernur Papua Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

      Presiden Jokowi meminta Gubernur Lukas Enembe untuk patuh memenuhi panggilan penegak hukum KPK.

      Lukas Enembe Mangkir Panggilan KPK, Kuasa Hukum: Sakit, Tidak Melawan Negara

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022), karena sakit.

      Gubernur Papua Lukas Enembe Kembali Mangkir Panggilan KPK

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan kedua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022) karena sakit.

      Ketua MUI: Pernikahan Beda Agama Tidak Sah dan Haram

      MUI Pusat menyatakan bahwa ulama dan organisasi Islam di Indonesia sepakat bahwa pernikahan beda agama dalam Islam adalah tidak sah dan haram.

      Menilik Kualitas Hidup Warga Finlandia yang Disebut Paling Berbahagia di Dunia

      Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik. Negara Seribu Danau ini diberi skor 99,06 dari 100 dan dianggap memiliki kualitas hidup tertinggi secara global.

      BMKG Catat 345 Kali Gempa Bumi di Bengkulu Mulai dari M 6,5 sampai M 2,0

      Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mencatat 345 kali gempa bumi di wilayah Bengkulu selama periode Januari hingga September 2022.

      Langkah Awal Kolaborasi, UNS Teken Kerja Sama dengan Universitas Pakuan

      Setelah ini akan ada kerja sama-kerja sama yang dijalin oleh prodi di UNS dengan prodi-prodi yang ada Universitas Pakuan.

      Bantuan untuk Korban Bencana di Pakistan Masih Dibuka hingga 3 Oktober

      Pemerintah masih menerima bantuan dari organisasi masyarakat untuk warga Pakistan terdampak bencana alam hingga pekan depan, tepatnya 3 Oktober 2022.

      Kemenag: Pembimbing Ibadah Haji Harus Besertifikat

      UU No. 8/2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah memberi mandat Kementerian Agama untuk membina, salah satu upaya yang dilakukan adalah sertifikasi petugas dan pembimbing ibadah haji.

      Curahan Hati Dedi Mulyadi Jelang Sidang Cerai: Demi Kamu, Aku akan Bertahan

      Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi, menyampaikan pesan menyayat hati menjelang sidang gugatan perceraian dengan istrinya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

      Jokowi Soroti Kasus Hakim Agung Sudrajad

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai Hakim Agung Sudrajad Dimyadi yang menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

      Viral, Polwan Pekanbaru Aniaya Pacar Adiknya

      Seorang wanita Polisi atau sering disebut Polwan di Pekanbaru, Brigadir IR, diduga mengeroyok dan menganiaya perempuan bernama Riri beberapa hari lalu.