Bandara Internasional Banyuwangi Raih Penghargaan Arsitektur Terbaik Dunia

Bandara Internasional Banyuwangi di Blimbingsari, Jawa Timur baru saja meraih penghargaan arsitektur terbaik dunia lewat ajang The 2022 Aga Khan Award for Architecture (AKAA) yang diumumkan, Kamis, (22/9/2022) kemarin di Jenewa, Swiss. 

 Bandara Banyuwangi (Wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Bandara Banyuwangi (Wikipedia.org)

Solopos.com, JAKARTABandara Internasional Banyuwangi di Blimbingsari, Jawa Timur baru saja meraih penghargaan arsitektur terbaik dunia lewat ajang The 2022 Aga Khan Award for Architecture (AKAA) yang diumumkan pada Kamis, (22/9/2022) kemarin di Jenewa, Swiss. Bangunan megah karya arsitek Andra Matin itu merupakan bandara yang mengusung konsep green airport pada terminal pesawat.

Dengan konsep tersebut, bandara ini tidak mengandalkan pendingin udara namun tetap memberikan kenyamanan bagi penumpang. Kehadiran bandara dengan konsep tersebut juga diproyeksi mampu menjadi pelopor dalam pembangunan konstelasi arsitektur bandara di Indonesia ke depannya.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Terdapat terminal penumpang seluas 7.000 meter persegi dan berkapasitas 3 juta penumpang per tahun. Desain atapnya mengusung tema rumah Suku Osing yaitu masyarakat asli Banyuwangi. Tak heran, arsitektur yang unik ini menjadi salah satu landmark di Jawa Timur.

Baca Juga Putin Bertekad Gunakan Semua di Perang Rusia Vs Ukraina

Sejak tahun 2017, Bandara Banyuwangi dikelola oleh AP II dan terus melakukan pengembangan, termasuk memperkuat implementasi green airport. Bahkan, saat ini bandara tersebut telah memegang sertifikasi Greenship Existing Building.

Penerapan green airport dilakukan melalui program efisiensi dan konservasi energi melalui pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi di bandara. Panel surya dalam sistem PLTS ini dipasang di atap gedung Airport Rescure and Fire Fighting (ARFF) dan gedung Main Power Station (MPS).

Pemanfaatan dilakukan di atas atap seluas 3.300 meter persegi dengan maksimal kapasitas on-grid sebesar 150 KWp (kilowatt peak). Penghargaan Aga Khan 2022 mengakui bangunan Bandara Banyuwangi berhasil menggabungkan arsitektur ciamik dengan fungsionalitas dan pengaturan disposisi yang optimal.

Baca Juga OTT Mahkamah Agung, KPK Dikabarkan Tangkap Hakim

Apalagi dengan teknologi modern yang diusung sehingga implementasi operasional bandara semakin efisien. Ajang internasional itu juga menilai bandara ini dapat menjadi game-changer dalam arsitektur bandara RI, mengingat pemerintah Indonesia saat ini dicanangkan akan membangun sekitar 300 bandara lain di berbagai daerah.

Di sisi lain, Aga Khan Award 2022 memberikan penghargaan tersebut kepada 5 negara dengan sejumlah arsitektur andalan. Beberapa negara yang masuk dalam jajaran pemenang yaitu Bangladesh, Indonesia, Iran, Lebanon, dan Senegal.

Bangladesh meraih penghargaan untuk dua bangunan arsitektur yaitu Urban River Space di Jhenaidah dan Community Spaces in Rohingya Refugee Response di Cox’s Bazar. Selain itu, Iran meraih penghargaan untuk bangunan Argo Contemporary Art Museum and Cultural Centre di Tehran.

Baca Juga Hakim Agung MA Kena OTT, Wakil Ketua KPK Sedih

Sementara Lebanon meraih penghargaan untuk bangunan Renovation of Niemeyer Guest House di Tripoli dan Senegah mendapat penghargaan untuk bangunan Kamanar Secondary School di Thionck Essyl.

Sebagai informasi, Aga Khan Award menilai kriteria bangunan terbaik dengan melihat keunggulan arsitektur kontemporer, social housing, kontribusi dalam pengembangan masyarakat, pelestarian sejarah, konservasi kawasan, desan lansekap dan perbaikan lingkungan, penggunan teknologi yang inovatif, dan pemanfaatan sumber daya lokal.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Bandara Internasional Banyuwangi Raih Penghargaan Arsitektur Terbaik Dunia di AKAA 2022

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Anak Buah Tersangka, Eks Kapolres Malang dan Danyon Brimob Lolos Jeratan Pidana

      Tiga komandan polisi yang bertugas di Stadion Kanjuruhan, Malang mengaku tahu ada pelarangan itu namun mereka mengabaikan.

      Keren! ITS Surabaya Peringkat Pertama Lembaga Pendamping Produk Halal

      Sejak Mei 2022, ITS Surabaya mulai memberikan perhatian kepada bidang jaminan produk halal dengan pembentukan Pusat Kajian Halal (PKH) di bawah Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM).

      Dinilai Positif, Pendukung Anies Baswedan Kini Sukai Partai Nasdem

      Para pendukung Anies Baswedan ramai-ramai memberi apresiasi positif terhadap Partai Nasdem.

      Ironi Polisi Malang, Tahu Regulasi FIFA Tapi Tetap Tembakkan Gas Air Mata

      Tiga komandan polisi yang bertugas di Stadion Kanjuruhan, Malang mengaku tahu ada pelarangan itu namun mereka mengabaikan.

      Ini Peran Enam Tersangka Pemicu 131 Aremania Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

      Keenam tersangka tragedi Kanjuruhan berasal dari sipil sebanyak tiga orang dan sisanya dari Polri.

      Direktur PT LIB dan 3 Komandan Polisi Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan

      Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita ditetapkan tersangka karena tidak melakukan verifikasi Stadion Kanjuruhan sebelum Liga 1 bergulir.

      Lagi Gowes, Bos Indomaret Meninggal Diseruduk Truk

      Karier Howard di Indomaret dimulai sejak 2004 dan disebut berkontribusi besar dalam pengembangan IT Indomaret.

      Rahasia Nabi SAW, Kelahirannya Memuliakan Hari Ia Dilahirkan

      Menariknya, Rasulullah justru tidak dilahirkan di bulan mulia seperti asyhurul ?urum (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharam) atau Ramadan.

      Sopir Mabuk Kendarai Mobil, 4 Nyawa Terenggut

      Polisi menduga kecelakaan maut dengan empat korban jiwa itu diakibatkan sopir mobil dalam kondisi mabuk minuman keras.

      Terungkap! Sekeluarga Tewas Dicor di Lampung karena Sengketa Warisan

      Pelakunya ternyata masih keluarga dari para korban, dipicu rebutan warisan.

      Bertemu Grand Syaikh Al-Azhar, JK Singgung Peran Besar Al-Azhar bagi Indonesia

      Dari sekitar 45.000 mahasiswa asing yang belajar di Al-Azhar Mesir, 11.000 di antaranya berasal dari Indonesia.

      Banjir Jebolkan Tembok Sekolah di Jaksel, 3 Siswa Meninggal Dunia

      Sebelum semua siswa pulang tembok telanjur jebol dan menimpa tiga siswa hingga meninggal dunia.

      Polisi Kantongi Identitas 11 Pelaku Penyerangan Pekerja Trans Papua

      Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Papua Barat mengantongi identitas 11 anggota KKB yang diduga menyerang 14 pekerja proyek jalan trans Papua Barat rute Bintuni-Maybrat, Kamis (29/9/2022).

      Bharada E Ungkap Keinginan Hadir Langsung di Persidangan Kasus Brigadir J

      LPSK menyampaikan bahwa tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J, yakni Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E ingin datang di persidangan.

      Indra Kenz Dituntut 15 Tahun Penjara & Denda Rp10 Miliar

      Tersangka TPPU dan penipuan modus online trading binary option Binomo, Indra Kesuma alias Indra Kenz, dituntut penjara selama 15 tahun dan denda Rp10 miliar.

      Misteri Kantong Mata Presiden Jokowi dan Kapolri Listyo Sigit

      Bila diamati dengan seksama saat tampil di depan layar kaca akhir-akhir ini, wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjukkan adanya kantong mata.