Ilustrasi aktivitas penumpang di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. (Bisnis-Yustinus Andry)

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran pada bulan suci Ramadan 2019 ini. Posko tersebut dibuka selama 16 hari mulai 29 Mei hingga 13 Juni 2019. Badan usaha milik negara itu sekaligus membagikan 12.400 bungkus takjil.

Posko dilaksanakan sebagai wadah untuk mengumpulkan dan monitoring traffic pergerakan pesawat, penumpang, dan kargo selama pelaksanaan posko. Selama posko berlangsung para petugas juga dapat memonitor kejadian menonjol yang terjadi di bandara.

Selain petugas bandara, posko angkutan lebaran melibatkan beberapa instansi terkait, diantaranya adalah TNI & POLRI, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang, Basarnas Semarang, BMKG, Perum LPPNPI Cabang Semarang, Jasindo, airlines, ground handling, dan petugas di Terminal Kargo dan Pos. Tempat pelaksanaan posko terpadu angkutan lebaran berada di sebelah timur area drop zone bandara.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan bahwa “Di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah tersedia sembilan maskapai dengan 16 destinasi penerbangan domestik dan dua maskapai dengan dua destinasi penerbangan internasional.

Selama pelaksanaan posko terdapat empat maskapai yang mengajukan extra flight, antara lain Lion Air tujuan Balikpapan, Banjarmasin, dan Batam, Trans Nusa tujuan Pangkalan Bun, Trigana Air tujuan Pangkalan Bun, serta Garuda Indonesia tujuan Jakarta "Atas pengajuan extra flight, pihak AP I dan LPPNPI telah menerbitkan rekomendasinya dan selanjutnya pihak airlines yang akan meminta flight approval kepada Kementerian Perhubungan,” ujar Hardi.

Selain Posko Terpadu Angkutan Lebaran juga terdapat posko kesehatan yang berada di area publik terminal keberangkatan. Posko kesehatan berfungsi sebagai tempat untuk menangani pengguna jasa bandara yang membutuhkan pertolongan jika terserang penyakit saat berada di bandara. Terdapat dokter dan perawat yang bertugas setiap harinya di Posko Kesehatan.

Bukan hanya kegiatan Posko Angkutan Lebaran saja, selama bulan Ramadan ini, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga menyediakan pembagian takjil gratis di area terminal bandara dan Masjid Baitus Salam.

Takjil yang dibagikan setiap harinya sebanyak 400 boks yang terdiri atas 150 kardus di area keberangkatan, 150 kardus di area kedatangan, dan 100 kardus di Masjid Baitus Salam. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 6 Mei sampai dengan 5 Juni 2019 dan melibatkan seluruh komunitas bandara dalam pengadaan takjil dengan total 12.400 takjil.

Sedangkan untuk proses pembagian atau pendistribusian takjil kepada pengguna jasa bandara dilaksanakan oleh seluruh pegawai PT Angkasa Pura I pada masing-masing unit secara bergantian. Persiapan pembagian takjil mulai dari personel, booth, dan takjil dilaksanakan setiap harinya mulai pukul 17.00 WIB dan berakhir setelah takjil habis dibagikan kepada pengguna jasa bandara.

“Pembagian takjil secara rutin dilaksanakan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang selama bulan Ramadan. Kegiatan ini pun disambut baik oleh pengguna jasa bandara yang tidak bisa berbuka puasa di rumah. Semoga dengan berjalannya kegiatan ini dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pengguna jasa bandara,” tambah Hardi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten