Tutup Iklan

BANDARA AHMAD YANI : Ini Sebab Bandara di Semarang Raih Penghargaan Prima Madya

BANDARA AHMAD YANI :  Ini Sebab Bandara di Semarang Raih Penghargaan Prima Madya

SOLOPOS.COM - General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Priyo Jatmiko (tengah), memamerkan piagam dan piala penghargaan Prima Madya di ruang rapat I Bandara Ahmad Yani, Selasa (4/10/2016). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Bandara Ahmad Yani meraih penghargaan Prima Madya karena beberapa alasan.

Solopos.com, SEMARANG – PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang baru-baru ini diganjar penghargaan Prima Madya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) karena dianggap memberi pelayanan terbaik kepada para penumpang maupun calon penumpang yang akan naik pesawat.

Penghargaan ini pun disambut bangga oleh manajemen Bandara Ahmad Yani. Saking bangganya, pihak pengelola pun memamerkan penghargaan Prima Madya, berupa piagam dan piala, di depan para awak media di Ruang Rapat Bandara Ahmad Yani, Semarang, Selasa (4/10/2016).

General Manager Bandara Ahmad Yani, Priyo Jatmiko, menyebutkan ada beberapa alasan hingga Kemenhub memberikan penghargaan Prima Madya yang merupakan penghargaan tertinggi untuk bandara kelas II di Indonesia kepada Bandara Ahmad Yani. Walaupun diakui Priyo pelayanan petugas di Bandara Ahmad Yani saat ini masih banyak yang dikeluhkan masyarakat.

”Memang masih banyak hal-hal yang harus dibenahi. Tapi, Kemenhub melihat kinerja dan inovasi yang telah kami lakukan untuk membenahi pelayanan publik itu. Maka dari itu, mereka menghadiahi kami penghargaan Prima Madya ini,” tutur Priyo dalam sesi jumpa pers di Ruang Rapat Bandara Ahmad Yani, Semarang, Selasa sore.

Priyo menyebutkan inovasi-inovasi yang dilakukan pihaknya untuk memperbaiki pelayanan terlihat di beberapa tempat. Ia mencontohkan, salah satunya adalah ruang tunggu di terminal penumpang Bandara Ahmad Yani, Semarang.

Sebelum dilakukan renovasi ruang tunggu terminal penumpang Bandara Ahmad Yani, Semarang itu hanya sanggup menampung 400 orang. Namun, kini sudah bisa menampung lebih dari 800-900 penumpang.

”Itu berhubungan dengan kenyamaan penumpang. Kalau ada pesawat yang delay mereka jadi bisa menunggu dengan nyaman di ruang tunggu terminal, tanpa berdesak-desakan,” tutur Priyo.

Selain pembaharuan di ruang tunggu terminal penumpang, inovasi juga dilakukan di beberapa lokasi di bandara Semarang, seperti di ruang lobi yang kini memiliki reading corner, pc kios, dan juga space yang lebih luas. ”Dulu kalau kita lewat lobi di Bandara Ahmad Yani kesannya mesti sempit dan berdesak-desakan karena banyaknya kios dari tenant-tenant maupun ATM. Tapi sekarang itu semua kami hilangkan demi memberikan space di lobi yang lebih besar. Akibat hal ini kami pun harus kehilangan Rp3 miliar dari para penyewa. Tapi, enggak apa-apa. Itu kami lakukan demi pelayananan publik,” terang Priyo.

Atas inovasi-inovasi itu, Priyo menilai jika bandaranya layak diganjar penghargaan Prima Madya oleh Kemenhub. Selain Bandara Ahmad Yani, penghargaan Prima Madya juga diberikan kepada empat bandara lainnya yang juga di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I, yakni Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Lombok, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sedangkan penghargaan Prima Utama yang diberikan untuk bandara kelas I diberikan epada Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Juanda Surabaya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.