SOLOPOS.COM - Petugas Lanud Adisutjipto mengusir burung Bangau yang memenuhi runway, Rabu (11/11/2015).(JIBI/Harian Jogja/Ist)

Bandara Adisutjipto kembali dipenuhi ratusan bangau

Harianjogja.com, SLEMAN – Burung Bangau atau dikenal dengan istilah Kuntul kembali memenuhi runway Adisutjipto, Kamis (19/11/2015) sore. Meski jumlah burung mencapai ratusan tapi dinilai tidak menganggu penerbangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Adisutjipto Mayor Sus Hamdi Londong menjelaskan burung bangau mulai berdatangan ke runway zero nine sisi barat Adisutjipto sekitar pukul 15.30 WIB.

Posisi burung itu lebih banyak mencari makanan seperti serangga dan belalang di area rerumputan. Tetapi jumlahnya lebih sedikit ketimbang pekan lalu yang mencapai ribuan.

“Kalau sore ini [kemarin] jumlah burung kisaran ratusan di runway sisi barat,” terang Londong, Kamis (19/11/2105) petang.

Sebelumnya, runway Adisutjipto juga tiba-tiba menjadi tempat mendarat ribuan burung Bangau, pada Rabu (11/11/2015) pekan lalu. Untuk mengamankan take off landing pesawat, petugas Lanud Adisutjipto harus mengusir burung tersebut dengan sirine.

Ia menambahkan meski jumlahnya ratusan, petugas Lanud Adisutjipto tidak melakukan pengusiran pada Kamis (19/11/2015). Alasannya karena tidak membahayakan pesawat yang akan take off landing. Selain itu burung tersebut langsung meninggalkan runway ketika ada pesawat yang melintas meski kemudian kembali lagi.

“Karena lebih banyak di area rerumputan, tidak masuk ke landasan seperti pekan lalu,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya