SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi Bandara Adisutjipto. (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Bandara Adisutjipto, pengunjung mengaku puas dengan layanan yang diberikan.

Harianjogja.com, SLEMAN –Tingkat kepuasan penumpang terhadap layanan di Bandara Adisutjipto meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan Customer Satisfaction Index (CSI) yang diterima PT Angkasa Pura 1 belum lama ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Angka realnya [CSI] yang awalnya 3,56 menjadi 3,62 [dibanding tahun sebelumnya], sehingga naik,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, belum lama ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Pandu mengatakan, penilaian tersebut murni berasal dari penilaian pengunjung bandara dan tidak dibuat-buat. Penilai dari tim independen mewawancarai pengunjung bandara seperti penumpang, begitu pula dengan air crew sehingga data yang dimunculkan tepat dan akurat.

Pandu mengaku cukup bangga dengan perolehan ini karena capaian ini menunjukkan servis dari PT Angkasa Pura 1 memberikan kenyamanan pada penumpang.

“Memang kita perlu modal tapi tidak ada masalah yang penting pelayanan meningkat dan masalah pendapatan nanti akan naik,” kata Pandu.

Peningkatan CSI ini menurutnya terjadi untuk 13 bandara yang ada di bawah PT Angkasa Pura 1.

“Kita genjot masalah services. Instruksinya memang pelayanan ditingkatkan, pelayanan ditingkatkan,” tegasnya.

Pandu mengatakan, sejak Idulfitri 2016 lalu, jumlah penumpang melalui Bandara Adisutjipto naik. Pada akhir pekan yang hanya 18.000 penumpang, kali ini mampu menembus 20.000 penumpang. Badan Pusat Statistik (BPS) DIY juga mencatat, jumlah penumpang pesawat komersial melalui Adisutjipto pada Juli 2016 berjumlah 358.347 orang yang terdiri dari 336.526 penumpang domestik dan 21.821 penumpang penerbangan internasional. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 26,06% dibandingkan bulan sebelumnya.

Kondisi jumlah penumpang yang semakin tinggi membuat pendapatan bandara meningkat. Namun, peningkatan pendapatan tersebut juga sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan bandara. Belum lama ini, PT Angkasa Pura 1 telah melakukan pengadaan shuttle untuk armada dari Terminal A ke Terminal B. Saat ini juga sedang direncanakan pembangunan dua parking stand di Terminal B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya