SOLOPOS.COM - Bandara Adisutjipto (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Bandara Adisutjipto Jogja di bagian Terminal B mulai dioperasikan untuk mengurangi kepadatan penumpang

Harianjogja.com, SLEMAN—Terminal B Bandara Adisutjipto, Sleman, mulai dioperasikan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas penumpang, Senin (17/8/2015).

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

General Affair And Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Edwin Wibowo mengungkapkan, Terminal B digunakan untuk penerbangan internasional (Airasia dan Silkair) dan penerbangan domestik (Sriwijaya, Nam Air, dan Airfast).

Terminal B terletak 100 meter di sebelah barat Terminal A setelah Gedung Karantina Pertanian. Sementara, untuk penerbangan Garuda, Lion, Citilink, dan Batik Air dilayani di Terminal A.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pembangunan Terminal B ditujukan agar penumpang lebih nyaman karena sudah tidak memungkinkan untuk ditampung semua di Terminal A,” ungkap dia kepada Harian Jogja, Senin (17/8/2015).

Edwin mengungkapkan, Terminal B memiliki luas 6.000 meter persegi. Terminal ini diperkirakan bisa menampung sekitar 600 hingga 700 penumpang kedatangan dan keberangkatan. Ada pun Maskapai  Penerbangan Airasia pertama kali menggunakan Terminal B untuk pendaratan pukul 05.30 WIB.

Penerbangan internasional, ujar dia, diberikan tempat di Terminal B karena jadwalnya tidak sepadat penerbangan domestik. Selain itu, jadwal penerbangan dari Maskapai Garuda, Lion, Citilink, dan Batik Air dinilai lebih padat. Terlebih, Terminal B memiliki satu parking set yang bisa digunakan untuk dua penerbangan.

Bangunan yang ada saat ini, ujar dia, tidak akan ada penambahan lagi karena keterbatasan lahan. Kalau pun harus menambah, harus dibicarakan terlebih dahulu dengan Lanud Adisutjipto. “Terminal ini sudah dibangun sejak lebih dari satu tahun lalu. Saat ini semua fasilitas sudah lengkap,” ujar dia.

Salah satu penumpang Iwan Syahputra mengatakan tidak keberatan jika harus berjalan agak jauh ke barat. Ia mengaku mendukung pembangunan terminal baru tersebut. “Penumpang pesawat semakin banyak. Justru dengan adanya terminal baru ini jadi lebih nyaman. Tidak berdesak-desakan,” ujar pria yang kerap pergi ke Jakarta ini.

Head of Corporate Secretary and Communications AirAsia Audrey Progastama Petriny dalam berita resminya menyampaikan, operasional maskapai di Bandara Adisutjipto dari Terminal A pindah ke Terminal B, kecuali untuk kedatangan domestik. Seluruh kedatangan domestik akan tetap berada di Terminal A.

Ia menambahkan, konter check-in Airasia untuk penerbangan domestik dan internasional akan berada di barisan pertama (konter satu sampai empat) di Terminal B. “Seluruh penerbangan dari dan menuju DIY tetap beroperasi normal dan sesuai jadwal,” ujar dia.

AirAsia, lanjut dia, saat ini mengoperasikan tiga rute domestik dan tiga rute internasional dari dan menuju DIY. AirAsia melayani penerbangan domestik menuju Jakarta (tiga kali sehari), Bali (dua kali sehari), dan Medan (satu kali sehari). AirAsia juga mengoperasikan penerbangan langsung ke Kuala Lumpur (dua kali sehari), Singapura (satu kali sehari), dan Johor Bahru (empat kali seminggu).

“Seluruh pelanggan Airasia disarankan untuk tiba lebih awal di bandara guna memberikan waktu yang cukup untuk menjalani seluruh prosedur keberangkatan di terminal yang baru,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya