SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA- Pesawat Hercules TNI Angkatan Udara terbang pertama mengawali pembukaan kembali Bandara Adisutjipto Yogyakarta pascapenutupan sementara akibat terkurung abu vulkanik Gunung Kelud.

Pesawat itu sebelumnya tertahan selama lima hari di Bandara Adisutjipto Jogja yang ditutup akibat abu vulkanik pada Jumat (14/2/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setelah landasan Bandara Adisutjipto dibersihkan dan kembali dibuka, pesawat Hercules TNI AU akan terbang pertama kali menuju Pangkalan Udara Abdurrahman Saleh, Malang Jawa Timur,” kata Komandan Wing Pendidikan Penerbang Lanud Adisutjipto Kolonel Bob Panggabean.

Menurut dia, meski menjadi pesawat yang terbang pertama kali, namun ini bukan berarti pesawat untuk uji coba landasan penerbangan.

“Ini sudah diputuskan untuk dibuka kembali. Keputusan ini melalui penelitian dan koordinasi anatara Lanud Adisutjipto dengan PT Angkasa Pura,” katanya.

Ia mengatakan, kondisi landasan pacu dan “taxi way” sudah bersih dari abu vulkanik sehingga landasan aman untuk penerbangan.

“Dengan suksesnya penerbangan ini maka Bandara Adisutjipto resmi kembali dibuka untuk melayani penerbangan termasuk penerbangan komersil,” katanya. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya