SOLOPOS.COM - Petugas membersihkan abu vulkanik di Bandara Adisutjipto Jogja, Sabtu (15/2/2014). (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA-Landasan pacu dan sejumlah ruang operasional Bandara Internasional Adisutjipto Jogja mulai dibersihkan dari debu vulkanik erupsi Gunung Kelud, Sabtu (15/2/2014).

“Hari ini mulai dilakukan pembersihan area landasan dan lainnya,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Jogja, Andi Wirson.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Menurut dia, setelah pembersihan landasan ini, aktivitas penerbangan diperkirakan baru akan dibuka kembali antara tiga hingga empat hari ke depan.

“Mudah-mudahan pembersihan debu vulkanik ini dapat segera selesai dan tiga atau empat hari ke depan sudah bisa beroperasi lagi,” katanya.

Suasana di Bandara Adisutjipto sendiri masih lengang dan hanya sejumlah petugas yang membersihkan debu vulkanik yang menempel di lantai terminal bandara dan beberapa sudut lainnya.

Pembersihan debu vulkanik juga dilakukan di area landasan pacu dan area parkir pesawat serta yang menempel pada sejumlah pesawat.

Andi mengatakan, pembersihan debu vulkanik ini diperkirakan akan memakan waktu lama meski beberapa peralatan yang dimiliki bandara sudah semuanya dikerahkan.

“Debu yang menutup cukup tebal, sekitar empat hingga lima sentimeter sehingga untuk membersihkannya memakan waktu lama,” katanya.

Ia mengatakan, aktivitas penerbangan sendiri diperkirakan akan kembali normal tiga atau empat hari lagi.

Meski sudah diumumkan bahwa semua penerbangan dibatalkan, namun sejumlah calon penumpang masih tampak menunggu di ruang tunggu.

Mereka datang untuk memastikan apakah hari ini mereka dapat diberangkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya