Bandara Adi Soemarmo Solo Sudah Layani Rapid Test Corona 1.454 Kali, Bagaimana Hasilnya?
Bandara Adi Soemarmo Solo. (Solopos/Dok)

Solopos.com, BOYOLALI -- Manajemen Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo sudah melayani rapid test deteksi Covid-19 sebanyak 1.454 kali bagi calon penumpang pesawat. Dari jumlah itu, tak satu pun yang hasilnya reaktif.

Layanan rapid test bagi calon penumpang ini dilaksanakan sejak kurang lebih 1,5 bulan lalu. General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan, mengatakan pelayanan ini memudahkan penumpang dari dan ke Solo maupun masyarakat umum.

Terlebih biaya tes cepat tersebut terjangkau yakni Rp150.000 sehingga kian membantu penumpang dan masyarakat. “Alhamdulillah, sampai dengan saat ini pelaksanaan tes rapid di Bandara Adi Soemarmo tidak ditemukan suspect corona,” katanya, kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Tukang Cukur di Kartasura Sukoharjo Jadi Klaster Baru Covid-19, Begini Ceritanya

Yani menjelaskan pengguna layanan rapid test di Bandara Adi Soemarmo Solo mayoritas adalah para calon penumpang baik yang akan berangkat maupun datang. Hasil tes rapid ini berlaku selama 14 hari sehingga penumpang bisa untuk menentukan kapan akan melakukan tes.

Layanan tes rapid di Bandara Adi Soemarmo dilaksanakan PT Angkasa Pura Support dan RS Hermina Solo. Kantor pelayanan tes rapid berada di sebelah Stasiun Kereta Bandara.

Bagi calon penumpang maupun masyarakat yang akan melakukan rapid test akan dilayani pukul 07.00 WIB-15.00 WIB. Sebelumnya, Lion Air Group juga membuka fasilitas layanan pelaksanaan tes rapid di Kota Solo dan sekitarnya mulai Senin (13/7/2020).

Bos Ternak Semut Rangrang Sidoharjo Sragen Ditangkap Aparat Polda Jateng

Layanan rapid test ini tersedia di Klinik Pratama Rawat Jalan Al Mabrur tepatnya di utara Bandara Adi Soemarmo Solo. Fasilitas ini bisa khusus bagi penumpang yang mempunyai tiket penerbangan Lion Air Group.

Voucher Rapid Test

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan tes rapid di klinik tersebut dapat diakses pada Senin-Sabtu pukul 08.00 WIB–15.00 WIB. Menurutnya, ini khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group.

Voucher tes rapid Covid-19 dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket). Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan tes rapid dapat membeli voucher dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code).

Kasus Positif Covid-19 Rambah Perkantoran, Pemkot Solo Terapkan WFH Lagi?

"Pembelian voucher melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com, agen perjalanan, dan lainnya,” jelasnya.

Danang menjelaskan penyelenggaraan rapid test Covid-19 sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air Group, yakni terjangkau dengan masa berlaku selama 14 hari.

Menurutnya, setiap penumpang akan mendapatkan surat keterangan hasil uji kesehatan rapid test sebagai salah satu kelengkapan dokumen penerbangan sesuai ketentuan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom