Sebuah batu yang berada di tengah berguling sekitar 1 meter saat pesawat ruang angkasa InSight mendarat di Mars. Batu itu kemudian diberi nama Rolling Stones Rock sebagai penghargaan kepada The Rolling Stones./NASA

Solopos.com, JAKARTA -- Grup musik legendaris asal Inggris The Rolling Stones mendapat kejutan menggembirakan.  National Aeronautics and Space Administration (NASA) menamakan sebuah batu seukuran bola golf di Planet Mars sebagai "Rolling Stones Rock".

Pemberian nama Rollng Stones pada batu di Planet Mars itu diumumkan aktor Hollywood Robert Downey Jr. saat konser The Rolling Stones di Stadion Rose Bowl, Pasadena, California, Amerika Serikat, Kamis (22/8/2019). Stadion itu hanya berjarak tiga mil dari NASA Jet Propulsion Laboratory.

Dikutip Reuters, Sabtu (24/8/2019), sebuah batu berguling sejauh satu meter saat pesawat ruang angkasa InSight mendarat di planet merah itu pada November 2018. 

Direktur Divisi Planetarium NASA, Lori Glaze, mengatakan Rolling Stones Rock sangat cocok disematkan pada batu tersebut. Dia menyebut pemberian nama itu bagian dari piagam NASA dalam membagikan karya ke khalayak yang berbeda.

"Saat kami tahu band ini ada di Pasadena, menghormati mereka sepertinya menjadi cara yang menyenangkan untuk menjangkau penggemar di seluruh dunia," ujarnya melalui keterangan resmi.

Rolling Stones Rock selanjutnya akan menjadi nama informal yang ditampilkan di peta Mars. Hanya kalangan Persatuan Astronomi Internasional yang bisa memberikan nama ilmiah resmi untuk lokasi, asteroid, dan objek lainnya di Tata Surya.

Sementara itu, para penggawa The Rolling Stones Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts, dan Ronnie Wood mengaku semringah atas pemberian nama Rolling Stones Rock.

"Betapa cara yang luar biasa untuk merayakan tur saat tiba di Pasadena. Ini menjadi tonggak sejarah penting dalam perjalanan panjang kami," tulis mereka.

The Rolling Stones memulai kiprah bermusik pada 1962. Grup ini sedikitnya telah merilis 30 album lagu, 26 album kompilasi, dan 120 single. Karya The Rolling Stones disebut telah terjual lebih dari 200 juta keping di seluruh dunia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten