Band Legendaris Rolling Stones Dijadikan Nama Batu di Mars

Ketenaran grup musik legendaris asal Inggris The Rolling Stones kini merambah luar angkasa. National Aeronautics and Space Administration (NASA) menamakan sebuah batu seukuran bola golf di Planet Mars dengan "Rolling Stones Rock".

Band Legendaris Rolling Stones Dijadikan Nama Batu di Mars

SOLOPOS.COM - Sebuah batu yang berada di tengah berguling sekitar 1 meter saat pesawat ruang angkasa InSight mendarat di Mars. Batu itu kemudian diberi nama Rolling Stones Rock sebagai penghargaan kepada The Rolling Stones./NASA

Solopos.com, JAKARTA -- Grup musik legendaris asal Inggris The Rolling Stones mendapat kejutan menggembirakan.  National Aeronautics and Space Administration (NASA) menamakan sebuah batu seukuran bola golf di Planet Mars sebagai "Rolling Stones Rock".

Pemberian nama Rollng Stones pada batu di Planet Mars itu diumumkan aktor Hollywood Robert Downey Jr. saat konser The Rolling Stones di Stadion Rose Bowl, Pasadena, California, Amerika Serikat, Kamis (22/8/2019). Stadion itu hanya berjarak tiga mil dari NASA Jet Propulsion Laboratory.

Dikutip Reuters, Sabtu (24/8/2019), sebuah batu berguling sejauh satu meter saat pesawat ruang angkasa InSight mendarat di planet merah itu pada November 2018. 

Direktur Divisi Planetarium NASA, Lori Glaze, mengatakan Rolling Stones Rock sangat cocok disematkan pada batu tersebut. Dia menyebut pemberian nama itu bagian dari piagam NASA dalam membagikan karya ke khalayak yang berbeda.

"Saat kami tahu band ini ada di Pasadena, menghormati mereka sepertinya menjadi cara yang menyenangkan untuk menjangkau penggemar di seluruh dunia," ujarnya melalui keterangan resmi.

Rolling Stones Rock selanjutnya akan menjadi nama informal yang ditampilkan di peta Mars. Hanya kalangan Persatuan Astronomi Internasional yang bisa memberikan nama ilmiah resmi untuk lokasi, asteroid, dan objek lainnya di Tata Surya.

Sementara itu, para penggawa The Rolling Stones Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts, dan Ronnie Wood mengaku semringah atas pemberian nama Rolling Stones Rock.

"Betapa cara yang luar biasa untuk merayakan tur saat tiba di Pasadena. Ini menjadi tonggak sejarah penting dalam perjalanan panjang kami," tulis mereka.

The Rolling Stones memulai kiprah bermusik pada 1962. Grup ini sedikitnya telah merilis 30 album lagu, 26 album kompilasi, dan 120 single. Karya The Rolling Stones disebut telah terjual lebih dari 200 juta keping di seluruh dunia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Klaster Sangon Kulonprogo Tambah 45 Kasus Baru, Total Menjadi 107

Klaster sangon di Kabupaten Kulonprogo terus mengalami penambahan kasus positif. Ada tambahan 45 kasus baru sehingga total jadi 107 kasus.

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.