Bamsoet: Ajang Balap Formula E Jalan Terus!

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, tiap anggaran yang telah dipakai untuk ajang balap Formula E harus kembali untuk rakyat.

 Bambang Soesatyo berpose di samping Citroen R5 yang ringsek usai mengalami kecelakaan. (ist)

SOLOPOS.COM - Bambang Soesatyo berpose di samping Citroen R5 yang ringsek usai mengalami kecelakaan. (ist)

Solopos.com, JAKARTA — Meskipun rencana Formula E terus digoyang PDIP dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang menjadi ketua penyelenggara memastikan ajang Formula E yang dijadwalkan berlangsung pada 2022, harus tetap terselenggara. Sebab, uang yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, tiap anggaran yang telah dipakai untuk ajang balap Formula E harus kembali untuk rakyat. Oleh karena itu, harus dimanfaatkan.

“Uang yang kita bayarkan tidak mungkin bisa kembali, itu artinya apa? Kita harus memanfaatkan apa yang sudah kita bayarkan ini di luar urusan hukumnya, harus bermanfaat bagi kepentingan rakyat kita,” kata Ketua MPR yang baru saja selamat dari kecelakaan fatal tersebut kepada Liputan6.com di kompleks Parlemen Senayan, Minggu (28/11/2021).

Bamsoet lantas mencontohkan ajang World Superbike (WSBK) 2021 yang digelar di sirkuit Mandalika, Lombok, di mana ajang itu berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

“Kita lihat kemarin impact dari World Superbike di Mandalika, pertumbuhan ekonomi dalam seminggu di sana tumbuh 5 persen. Bukan hanya Lombok, tapi juga impact ekonominya sampai ke Bali,” jelasnya.

Baca Juga: Ketua MPR Bamsoet Kecelakaan saat Reli di Bekasi, Begini Kondisinya 

Ketua MPR itu menyebut semua pihak harus juga melihat dari naiknya sektor pariwisata dengan adanya ajang World Superbike dan nantinya Formula E.

“Hotel-hotel penuh, penerbangan penuh, restoran penuh, rumah-rumah penduduk banyak yang ditinggali oleh para turis. Kemudian UMKM juga tumbuh dari penjualan merchandise, souvenir-souvenir, jadi harus dilihat dari sisi itu,” ujar dia.

Oleh karena itu, Bamsoet tetap mendukung Formula E tetap berjalan, sementara adanya kasus hukum juga tetap bisa dilanjutkan.

“Formula E ini kita selamatkan dari sisi ekonominya, dari sisi manfaatnya, bahwa ada proses-proses yang harus diselesaikan secara hukum silakan diselesaikan,” pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, Fraksi PDIP dan PSI di DPRD DKI Jakarta terus mengupayakan interpelasi agar Formula E batal digelar. Mereka menganggap ada salah kelola keuangan dari rencana ajang balap mobil listrik di dunia itu.

Namun rencana interpelasi itu gagal. Kasus itu lantas dilaporkan ke KPK karena dianggap ada kerugian negara dalam proyek berbiaya Rp500 miliar tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Resmi! Solo Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Kota Solo dipastikan menjadi tuan tumah Asean Para Games 2022 pada Juli mendatang. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dipercaya menjadi Ketua Inaspoc.

Daftar Top Scorer Sementara Liga 1: Ada Taisei Marukawa!

Para penyerang asing mendominasi daftar top scorer sementara kompetisi BRI Liga 1.

Jelang Lawan Persebaya Surabaya, PSS Sleman Fokus Benahi Ini

PSS Sleman akan menantang Persebaya Surabaya dalam lanjutan BRI Liga 1 pekan ini. Pelatih PSS Sleman, I Putu Gede, akan membenahi transisi permainan tim.

Pelatih Asal Solo Terdepak dari Pelatnas, Ini Pesan Haru Greysia Polii

Pebulu tangkis Indonesia, Greysia Polii, merasa kehilangan sosok Chafidz Yusuf yang biasanya mendampingi tim ganda putri Indonesia.

Tragis! 6 Suporter Piala Afrika Meninggal Desak-Desakan di Luar Stadion

Sebanyak enam orang suporter di Kamerun meninggal dunia lantaran berdesak-desakan di luar stadion saat pertandingan antara Timnas Kamerun melawan Komoro di ajang Piala Afrika 2021.

Jadwal Pertandingan Liga 1 Pekan Ini, PSIS Tantang MU

Kompetisi BRI Liga 1 telah memasuki pekan ke-21.

Timnas Putri Indonesia Kalah Lagi, Pelatih: Mereka Sedikit Stres

Timnas Putri Indonesia kembali menelan kekalahan di ajang Piala Asia Wanita serelag ditundukkan Thailand dengan skor 0-4, Senin (24/1/2022).

Jadi Bulan-bulanan Lagi! Timnas Putri Indonesia Kalah 0-4 dari Thailand

Timnas putri Indonesia kembali menelan kekalahan pada laga Piala Asia Putri 2022, kali ini dari timnas putri Thailand.

16 Tim Bakal Meriahkan Coppa Gajah Mungkur Wonogiri

Total sebanyak 16 klub sepak bola bakal bertanding untuk memperebutkan gelar juara perdana Coppa Gajah Mungkur.

Persis Solo Ingin Boyong Marukawa, Bos Persebaya: Kami Tidak Khawatir

Presiden Persebaya Surabaya, Azrul Ananda, mengaku tidak khawatir dengan rumor ketertarikan Persis Solo dengan pemainnya, Taisei Marukawa.

Tanpa Korwil, KTA Pasoepati Akan Dibagikan Langsung ke Lapangan

Saat ini ada 830-an KTA yan gbakal didistribusikan langsung ke lapangan bersama pihak BRI sebagai penyedia KTA.

Kaesang Bakal Sulap Balai Persis Jadi Tempat Wisata Olahraga?

Balai Persis direncanakan menjadi lokasi tempat menunjukkan bukti-bukti peninggalan Persis Solo sebagai tim bersejarah.

Klasemen Sementara Liga Inggris: Bercokol di Puncak, Posisi City Aman?

Manchester City masih bertengger di puncak klasemen Liga Inggris namun keunggulannya terpangkas jelang jeda internasional.

Gandeng Malikas, Persis Solo Kembali Luncurkan Jersey Baru

Karya kolaborasi Persis Solo dan Malikas tertuang dalam jersey season 2021/2022. Jersey itu tampil dengan desain berbeda dibalut pattern yang lekat dengan identitas Malikas.

Jacksen: Pembentukan Tim Persis Solo Masih Berlangsung

Manajemen Persis Solo terus bersiap melengkapi seluruh kekurangan yang ada di tubuh Persis Solo selama mengarungi Liga 2 tahun lalu.