SOLOPOS.COM - Bambang Irawan (JIBI/SOLOPOS/dok)

Bambang Irawan (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO–Budayawan Solo, Bambang Irawan terpilih sebagai ketua Dewan Kesenian Surakarta (DKS) periode 2012-2016. Anggota Dewan kebijakan (DK) DKS sekaligus ketua tim formatur, Kastoyo Ramelan, Jumat (7/9/2012), menjelaskan Bambang terpilih menjadi ketua DKS pada Senin (3/9/2012) lalu berdasarkan rapat tim formatur di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Awalnya, menurut Kastoyo, ada sebanyak 15 kandidat Ketua DKS yang diseleksi oleh sembilan anggota formatur. Ia menguraikan, Bambang terpilih sebagai ketua baru karena dianggap mumpuni. Pasalnya, sejak kecil sudah bergelut dengan seni dan budaya. Bambang yang dikenal sebagai akademisi itu juga dianggap mampu membawa DKS mengikuti perkembangan  zaman.

“Kalau masalah IT, beliau bagus. Pengalaman ke luar negeri juga bagus,” urai Kastoyo di kediamannya, Jumat.

Ditambahkan Kastoyo, selain ketua baru, tim formatur juga telah memilih sembilan budayawan sebagai dewan kebijakan (DK). Struktur kepengurusan juga telah terbentuk dengan total pengurus sebanyak 18 orang. Pempentukan struktur kepengurusan dilakukan oleh ketua baru bersama bendahara dan sekretaris pada Rabu (5/9/2012) didampingi tim formatur.

Didaulat sebagai sekretaris jenderal (Sekjen) DKS ialah Agung Pamujiaji. Sementara, sebagai bendahara ialah Oktavian Ninditasari.

“Pemilihan pengurus berdasarkan sejumlah pertimbangan dan kompetensi. Secara lisan terbentuknya struktur kepengurusan baru ini sudah saya sampaikan ke Walikota. Secara tertulis, kami tinggal menunggu SK walikota. Pelantikan kami lakukan secepatnya,”  tambahnya.

Sementara, ketua terpilih, Bambang, masih enggan berkomentar saat ditanya mengenai program kerja empat tahun ke depan. Ia mengaku masih menunggu SK walikota dan pelantikan. Namun, secara umum ia seimbang dalam bekerja. Menjalankan amanat UUD dengan mempertimbangkan kebutuhan pemkot, budayawan dan seniman serta masyarakat pencinta budaya. Harapannya, DKS tak dipandang sebagai lembaga yang eksklusif.

“Intinya saya senang diberi amanah ini, akan berusaha sebaik mungkin,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya