SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Siapa bilang wisata air harus mahal? Di Balong Waterpark, Jalan Pleret KM 15 Banguntapan, Bantul semua bisa berwisata dengan harga murah.

Balong Waterpark bisa disebut sebagai wisata air pertama di Jogja. Menurut pengelola Balong Waterpark, tempat ini didirikan pada Februari 2010 karena masyarakat Jogja dinilai kekurangan tempat wisata air. “Memang di Jogja sudah banyak kolam renang. Namun belum ada wisata air seperti waterpark,” ungkap Wahyu Widagdo, pengelola Balong Waterpark pekan lalu.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Tempat ini berjarak kurang lebih dua kilometer dari Kotagede. Cukup mudah dicari dan dicapai dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Untuk kendaraan umum seperti Trans Jogja atau bus kota sementara ini memang belum tersedia jalur. Untuk lebih mudahnya, dapat terlebih dahulu mengakses www.balongpark.com di mana sudah disediakan gambar denah lokasi.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara soal harga Balong Waterpark tidak mematok harga mahal. Untuk Senin hingga Sabtu, tarif per orangnya Rp15.000. Sedangkan khusus hari Minggu dan hari libur, Rp20.000 per orang. Balong buka pk 10.00 dan tutup pk 18.00.

Body slide
Balong terletak di lahan seluas kurang lebih 7.000 m2 yang memanjang. Di dalamnya terdapat satu wahana lintasan besar yang bernama body slide. Tinggi wahana ini 12 meter, di mana anak-anak dan orang dewasa dapat meluncur dengan aman. Selain body slide, terdapat juga speed slide dengan ketinggian sembilan meter. 

Perbedaannya dengan body slide adalah lintasan speed slide lurus sedangkan body slide berbelok-belok dan lebih panjang.  Untuk kolam renang terbagi dua, yaitu dewasa dan anak-anak.

Di kolam renang anak-anak dilengkapi dengan wahana permainan anak dan kedalamannya hanya 60 cm. Sedangkan kolam untuk dewasa, kedalamannya mencapai satu hingga 1,2 m.

Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap. Di sini, terdapat food court dengan berbagai jenis makanan, free hot spot, serta tersedia kursi-kursi untuk duduk di samping-samping kolam. Selain itu, untuk keluarga, disewakan pula gazebo untuk tempat beristirahat, cukup dengan Rp10.000. Untuk loker, dapat digunakan pengunjung, dengan menganti biaya Rp3.000 dan pelampung Rp5.000.

Tak hanya itu saja, di Balong Waterpark juga tersedia panggung hiburan yang pentas pada hari Minggu, pekan pertama setiap bulan. Panggung hiburan ini berlangsung dari pukul 10.00-16.00. Dan untuk masalah keamanan pun, tidak perlu khawatir, karena Balong dilengkapi oleh lima lifeguard yang selalu berjaga. Selain itu  pihak manajemen Balong juga akan membantu jika ada acara-acara yang hendak mengambil tempat di Balong.

“Beberapa waktu yang lalu, Balong sempat disewa untuk reuni. Untuk acara – acara seperti ini bisa dilakukan di luar jam operasional kami. Namun lebih jelasnya dapat menghubungi manajemen di 0274-4435645,” ujar Wahyu.(Kontributor Harian Jogja/Inge Setiawati Djajadi)

HARJO CETAK 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya