SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tuban–Balita penderita Palatoschizis (tak miliki langit-langit rongga mulut)  asal Dusun Jetis, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, M Iksan, segera dioperasi untuk dibuatkan langit rongga mulut.

Sedangkan yang menanggung biaya operasi anak dari keluarga miskin pasangan suami istri, Suratno,30, dan Wasriyatun,26, adalah Yayasan Smile Train Surabaya. Kepastian dari lembaga sosial itu diperoleh setelah Dr Bambang Lukmantono asal Tuban, melakukan komunikasi dengan pihak Smile Train.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan pihak Smile Train, mereka akan membantu operasi M Iksan. Ini merupakan berkah bagi anak dari warga tak mampu itu,” kata Dr Bambang Lukmantono usai memeriksa kesehatan Iksan dan membantu dot khusus untuk penderita Palatochizis, di rumah keluarga Suratno di Dusun Jetis, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Tuban, Selasa (29/6).

Sedangkan Wasriyatun yang ditemui menyatakan, pihaknya sudah pasrah pada nasib karena tak mungkin mampu membiayai operasi anaknya. “Bagaimana mau membiayai operasi Iksan, Pak. Dipakai makan saja juga sudah pas-pasan,” ujarnya.

Keluarga ini hanya bekerja sebagai buruh tani, tanpa memiliki sepetak sawah. Jika tidak musim panen dan tanam, Suratno mencari ikan di sungai Bengawan Solo. Mereka menghuni rumah berdinding gedhek dengan lantai tanah, lokasinya di dekat Bengawan Solo.

Sakit yang diderita Iksan merupakan bawaan sejak lahir. Ia tak bisa menelan makanan maupun air minum. Sehari-hari orangtuanya memberikan susu melalui selang plastik dari lubang hidung. Meski begitu, sang bocah tumbuh normal laiknya anak seusianya.

Selang tersebut dililitkan dan ditempel di atas kepalanya untuk memudahkan orangtuanya menyuntikkan susu dan air minum lainnya. Praktis saban hari anak tersebut salah satu lubang hidungnya terdapat selang hingga masuk ke tenggorokannya.

Dihubungi secara terpisah, Yatik, dari Smile Train Surabaya menyatakan, pihaknya menjamin akan membantu biaya operasi M Iksan. Sedangkan operasinya akan dilakukan di RSU Haji, Surabaya. “Kami dari Smile Train akan membantu, karena selama ini kami juga bergerak di bidang sosial untuk pengobatan kepada warga yang kurang mampu,” kata Yatik ketika dihubungi.

Dia pun berpesan agar, segera melakukan koordinasi dengan pihak RSU Haji. Dengan cara itu, pihak rumah sakit yang telah menjalin kerjasama dengan Smile Train tersebut, dapat segera menjadwalkan hari H operasi terhadap M Iksan.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya