SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta mulai melakukan ekskavasi di bagian atas Situs Liyangan atau sebelah barat sungai yang membelah kompleks situs tersebut. Kepala Balar Yogyakarta Sugeng Riyanto di Temanggung, Jumat (26/10/2018), mengatakan ekskavasi berusaha membuka bagian atas yang berdasarkan survei ada beberapa titik yang menjadi perhatian.

Situs Liyangan peninggalan zaman Mataram Kuno tersebut terletak di lereng Gunung Sindoro, di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. “Di bagian atas itu ada talud bolder atau batu sungai, arang bekas rumah, dan batu candi yang ada reliefnya,” katanya.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Sugeng menjelaskan talud bolder menunjukkan kalau di bagian timur dan barat itu, sebelumnya menyatu dan diduga sungai itu muncul setelah terjadi letusan Gunung Sindoro. Talud bolder itu juga menunjukkan adanya lahan pertanian yang luas. Selanjutnya arang-arang yang ditemukan diduga bekas rumah dan hal itu sebagai langka.

“Sekarang kita punya data di lapangan hanya satu arang bekas rumah di bagian bawah yang sekarang ditutup seng, kalau nanti di bagian atas dibuka dan bisa membuktikan bekas rumah karena komponen-komponennya sudah jelas ada bambu, kayu, dan ijuk maka ada dua unit bekas rumah yang bisa disaksikan pengunjung nantinya,” katanya.

Ia mengatakan ditemukannya batu-batu candi yang ada ukiran atau relief, diduga batu candi itu dibangun kemudian mungkin abad ke-9, sedangkan candi awal yang dibangun bentuknya batur-batur di halaman satu. Pada ekskavasi kali ini, pihaknya dibantu geomorfolog untuk mengetahui lingkungan kunonya.

“Selain penelitian arkeologi juga penelitian geomorfologi untuk mengetahui dulu itu lingkungan kunonya seperti apa,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya