Baku Tembak TNI dan KSB di Intan Jaya Papua, 1 Tewas
Ilustrasi. Anggota TNI sedang menyusuri hutan Papua. (istimewa/inews.id)

Solopos.com, JAKARTA -- Seorang anggota kelompok separatis bersenjata (KSB) tewas dalam baku tembak dengan aparat TNI. Kejadiannya di Intan Jaya, papua, Sabtu (6/3/2021). Sementara dari kubu TNI, tidak ada ada anggota yang tewas maupun terluka.

Selain itu satu tewas, satu anggota KSB lainnya terluka.

Kontak senjata itu tepatnya terjadi di Kampung Puyagia, Distrik Sugapa, Intan Jaya sekitar pukul 11.52 WIT. Dari kubu TNI ada Tim Alap-alap 2 yang dipimpin Ltd (Inf) Alif dari Yonif Raider 715/MTL yang melakukan kontak tembak.

Sementara kelompok KKSB yang melakukan kontak senjata dengan TNI berasal diduga dari kelompok Undianus Kogoya.

Baca juga: Mahfud Md Sebut Tak Ada Masalah dengan Partai Demokrat, Begini Penjelasannya

"KSB diperkirakan dari kelompok Undianus Kogoya dengan kekuatan 4 orang membawa 1 pucuk senjata bergerak dari arah Kampung Pesiga sedang menuju ke arah Kampung Kumbalagupa, Distrik Sugapa, Intan Jaya, (lalu terjadi) kontak tembak dengan Tim dari YR 715," ujar Kapen Kogabwilhan III, Kolonel (Czi) IGN Suriastawa, dalam keterangannya, Sabtu.

Suriastawa mengatakan 2 orang kelompok KSB tertembak. Seorang di antaranya tewas dan 1 lainnya mengalami luka di bagian kaki. "Satu orang tertembak di kaki tetapi berhasil melarikan diri. KSB lain kabur membawa senjata," jelasnya.

Identitas 1 KSB yang tewas ini belum diketahui. Dia menerangkan warga setempat juga tidak mengenali 1 orang KSB yang meninggal dunia ini.

Baca juga: Polisi Pakai Narkoba Tidak Langsung Dipidana, Kok?

"Tidak ada korban dari TNI. Saat ini sedang dilakukan pengurusan jenazah KSB dengan warga Kampung Sonetapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya," tandas dia.

Sumber: Detik.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom