BAKTI SOSIAL : Ratusan Boomers Hijaukan Gunung Sempu Bantul
Anggota Boomers sedang menanam pohon di komplek Gunungsempu Kasihan Bantul, Sabtu (8/6/2013). (JIBI/Harian Jogja/istimewa)
Anggota Boomers sedang menanam pohon di komplek Gunungsempu Kasihan Bantul, Sabtu (8/6/2013). (JIBI/Harian Jogja/istimewa)

JOGJA—Ratusan Boomers [sebutan penggemar band Boomerang] dari berbagai kota di Indonesia melakukan aksi penaman pohon di lahan tandus Gunung Sempu, Kasihan, Bantul, Sabtu (8/6/2013) siang.

Aksi ini dilakukan atas inisiasi Boomers Jogja untuk merayakan usia mereka yang genap 10 tahun. Menurut Agung Kurniawan, salah satu peserta sekaligus sesepuh Boomers Jogja, langkah penanaman di lahan tandus itu terinspirasi dari album terbaru band idola mereka bertajuk Reboisasi yang baru saja dirilis awal 2013.

"Album itu mengusung pesan untuk melakukan penanaman kembali. Kami terinspirasi untuk melakukan hal serupa," katanya saat dihubungi Harian Jogja, Senin (10/6/2013).

Selain mengikuti jejak band idola, upaya yang dilakukan Boomers Jogja itu tidak lain merupakan bentuk keprihatinan mereka terhadap banyaknya lahan di Gunung Sempu yang telah beralih fungsi menjadi perumahan.

"Padahal waktu saya kecil dulu pada era 1980 an, tempat itu [Gunung Sempu] dipenuhi pepohonan hijau. Bahkan kalau naik ke puncak, Jalan Malioboro bisa terlihat semua. Namun sekarang sudah jadi perumahan," kata Agung Kurniawan atau yang akrab disapa Wawan BOJ itu.

Pada kegiatan itu, para Boomers menanam 50 bibit tumbuhan meliputi jambu mete dan jati. Bibit itu lantas disebar di beberapa lahan tandus dengan harapan beberapa tahun ke depan bisa tumbuh dan berkembang.

"Semoga saja nanti kalau sudah besar bisa tumbuh terus menerus. Kalau toh, nanti memang perumahan terus berkembang saya berharap tumbuhan ini tidak ikutan ditebang pengembang," ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho