SOLOPOS.COM - Peserta mengikuti pertemuan Penguatan Kerukunan Antar Umat Beragama di aula Masjid Agung Madaniyah Karanganyar, Kamis (8/12/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Penguatan Kerukunan Antar Umat Beragama di aula Masjid Agung Madaniyah Karanganyar, Kamis (8/12/2022). Pertemuan ini diharapkan mampu membuahkan hasil pemikiran untuk Kabupaten Karanganyar yang bersatu dalam keberagaman.

Kegiatan bertema Merawat Toleransi dan Kerukunan dalam Berkehidupan Bangsa, Bermasyarakat, dan Beragama ini diikuti sekitar 200 peserta. Mereka adalah Pengurus dan Anggota Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB), Paguyuban Antar Umat Beragama (PKUB) Kecamatan, tokoh agama serta masyarakat lintas agama.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua panitia, Iwan Indroyono, mengatakan pertemuan bertujuan merawat kerukunan umat beragama dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan serta stabilitas negara.

“Tujunnnya saling menghargai antar umat beragama, sinergitas antar umat beragama sebagai penguatan pembangunan bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol, Bambang Sutarmanto, membacajan sambutan Butapi Karanganyar menyampaikan

bahwa menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama sangat penting untuk menjaga stabilitas nasional sebagai modal suksesnya pelaksanaan pembangunan.

Menurut dia, FKUB dan PKUB tingkat kecamatan mempunyai peran penting dan strategis dalam menjaga kerukunan umat beragama serta budaya. Karena FKUB dan PKUB mempunyai tugas dan fungsi membangun memelihara memberdayakan serta menampung organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, menyusun rekomendasi, peraturan perundangan-undangan dalam toleransi beragama.

“Alhamdulillah Kabupaten Karanganyar sampai akhir 2022 ini sangat kondusif. Ini karena segala upaya sinergitas semua pihak dalam menjaga kerukunan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya