SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA – Jika ada kota yang memiliki banyak taman, Surabaya adalah salah satunya. Ibu Kota Jawa Timur tersebut akan memiliki 613 taman pada tahun ini yang diyakini bakal mampu menurunkan suhu udara.

Seperti dilansir bisnis.com, Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRT) Surabaya, Rochim Yuliadi, mengatakan saat ini masih ada 3 taman baru yang dalam proses pengerjaan. Di antaranya adalah Taman Kali Kedinding, Taman Mozaik di Wiyung Praja, dan Taman Memorial di Balas Klumprik.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Dengan dibangun taman baru maupun taman lama yang diaktifkan, maka total taman yang ada di Surabaya menjadi 613 taman,” katanya dalam rilis, Senin (2/9/2019).

Dia menjelaskan dari 613 taman tersebut, sebanyak 470 taman merupakan taman pasif, dan 143 taman aktif. Taman-taman tersebut tersebar di Surabaya pusat, timur, selatan, utara, dan barat.

“Penambahan taman-taman ini merupakan bagian dari target Pemkot Surabaya yang ingin memiliki RTH publik sebanyak 30% dari total luas Kota Surabaya,” katanya.

Adapun hingga tahun lalu tercatat RTH Surabaya sudah 21,79% melampaui Peraturan Menteri PU minimal RTH publik sebanyak 20%, dan RTH privat (gedung apartemen/kantor/hotel) wajib 10%.

Rochim menambahkan, selain membangun 3 taman baru, tahun ini masih ada 159 taman pasif dan 30 taman aktif yang masih terus dalam proses pengerjaan. Setidaknya, setiap tahun pemkot menggelontorkan anggaran Rp1 miliar untuk satu taman berskala kota.

Dengan bertambahnya jumlah taman, diharapkan Surabaya menjadi sejajar dengan kota-kota di dunia yang layak huni dan nyaman bagi warganya.

“Kami juga berharap warga mau ikut menjaga kelestarian lingkungan dan taman-taman yang sudah ada,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya