Bakal Lokasi Sentra Kuliner di Alun-Alun Klaten Dicat Warna-Warni
Pekerja mengecat jalan di sebelah selatan Alun-alun Klaten, Kamis (6/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Jalan di sebelah Alun-alun Klaten yang diproyeksikan sebagai sentra kuliner dicat aneka warna mulai Kamis (6/2/2020).

Pengecatan itu bagian dari mempercantik sekaligus menata kawasan di Alun-alun Klaten.

Di lokasi tersebut, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Klaten membagi menjadi 74 petak atau lapak. Setiap lapak berukuran 3 meter X 3 meter.

Lapak dicat warna-warni, seperti merah, kuning, hijau, dan lainnya. Jumlah cat yang dibutuhkan 15 kaleng, masing-masing seberat 5 kilogram. Harga cat per kaleng senilai Rp120.000.

Loko Uap Kuno Pesanan Jokowi Dipulangkan ke Solo

"Jadi di lokasi ini dijadikan sentra kuliner. Nanti disiapkan juga tenda PKL kuliner sebanyak 74 tenda lipat. Mirip Gladag Langen Bogan (Galabo) di Solo," kata Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Pertamanan DPU PR Klaten, Himawan Pamungkas, saat ditemui wartawan di kompleks Alun-alun Klaten, Kamis.

Berita Terbaru Virus Corona, Klik di Sini!

Selain mengecat di selatan Alun-alun Klaten, lanjut Himawan Pamungkas, kegiatan sama akan dilakukan di sebelah timur Alun-alun Klaten.

Sesuai rencana, lokasi tersebut difungsikan untuk PKL permainan. Total lapak disiapkan 23 lapak berukuran 3 meter X 3 meter per lapak.

Lagi Hamil, Peserta CPNS 2019 Ini Kontraksi Saat Tes SKD

"Di timur alun-alun itu untuk PKL permainan, penjual tas, sendal, dan sejenisnya. Dengan adanya penataan ini, di alun-alun itu steril dari pedagang. Para PKL diberi kesempatan menjajakan dagangannya pukul 15.00 WIB-05.00 WIB. Total tenda lipat yang akan disiapkan 97 tenda," katanya.

Hati-Hati, Ini Bahaya Minum Air Panas

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Klaten, Wahyu Prasetyo, mengatakan Pemkab segera menyosialisasikan rencana penataan PKL di Alun-alun Klaten.

Sembari menata PKL, Pemkab mempersilakan pengelola kereta mini beroperasi di Alun-alun Klaten.

Pendaftaran SNMPTN di Depan Mata, Ini Daftar Jurusan Kuliah Termurah

"Di waktu sebelumnya, pengelola kereta mini tidak diperbolehkan beroperasi. Sembari penataan itu, pengelola kereta mini diperbolehkan beroperasi di alun-alun. Lokasi parkir juga kami tata. Khusus parkir berada di bagian utara dan barat Alun-alun Klaten," katanya.

Lowongan Kerja Terbaru, Klik di Sini!

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho