Bakal Jadi Ikon Wisata Konservasi Jateng, TSTJ Solo Direvitalisasi

Proyek revitaliasi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo dimulai dengan acara groundbreaking pada Sabtu (13/8/2022). Dalam proyek ini, TSTJ menggandeng Taman Safari Indonesia.

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri), perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Yayasan Konservasi Marga Indonesia menuangkan campuran semen saat acara groundbreaking Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Sabtu (13/8/2022). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri), perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Yayasan Konservasi Marga Indonesia menuangkan campuran semen saat acara groundbreaking Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Sabtu (13/8/2022). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo akan didesain menjadi ikon destinasi wisata dan pusat konservasi dan edukasi satwa di Jawa Tengah. Keistimewaan TSTJ Solo terletak pada adanya danau serta lokasinya yang berdekatan dengan Bengawan Solo.

Acara groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek revitalisasi TSTJ Solo dilakukan pada Sabtu (13/8/2022). Acara itu dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Solo; Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Agus Justianto; Ketua Yayasan Konservasi Margasatwa Indonesia, Agus Santoso; serta para mitra dan pemangku kepentingan.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Agus Santoso mengatakan proyek revitalisasi TSTJ Solo melibatkan Taman Safari Indonesia sebagai konsultan. Proyek ini dibagi menjadi dua fase konstruksi fisik. Tahap pertama difokuskan untuk pembangunan fasilitas di sekitar danau yang letaknya di tengah area taman satwa.

“Pembangunan proyek tahap pertama maksimal enam bulan. Namun, sesuai arahan Wali Kota Solo, kami berharap Desember 2022 sudah selesai. Sementara proyek tahap kedua dilaksanakan pada 2023. TSTJ Solo bakal menjadi taman satwa modern dan sustainable,” kata dia, Sabtu.

Baca Juga: Sejarah Belanda dan Gunung Api di Balik Senja Waduk Cengklik Boyolali

Agus menyampaikan keistimewaan TSTJ Solo dibanding taman safari di daerah lain yakni memiliki danau sebagai point of view pengunjung. Beragam fasilitas dan atraksi hewan bakal mengelilingi danau tersebut. Selain itu, lokasi TSTJ yang terletak di dekat Bengawan Solo dan adanya Museum Gesang menjadi daya tarik lain.

“Saya yakin gampang mendunia karena nama Bengawan Solo sudah dikenal di luar negeri. TSTJ Solo merupakan satu-satunya taman satwa yang memiliki danau. Taman safari lain tidak punya,” ujar dia.

Menurut Agus, revitalisasi TSTJ Solo mengusung konsep alam terbuka seperti taman safari. Beragam fasilitas rekreasi dan atraksi hewan menyokong operasional TSTJ setelah rampung direvitalisasi. Misalnya, ada perkampungan ala Afrika, museum, kafe, restoran, hingga tempat atraksi hewan.

Baca Juga: Desain Revitalisasi Taman Jurug Solo Berubah, Gibran Jamin Lebih Mewah

Nantinya, beragam jenis binatang primata seperti monyet dan orang utan bakal dilepas di alam terbuka. Begitu pula dengan kuda, zebra, dan rusa juga dilepas di area taman satwa.

“Khusus binatang buas seperti harimau di area khusus. Pengunjung bisa menyaksikan aktivitas sehari hari macan dan harimau dengan menyantap makanan dan minuman di restoran atau kafe,” ujar dia.

Sementara itu, Dirjen PHL KLHK, Agus Justianto, menyatakan TSTJ Solo berfungsi sebagai tempat pengembangbiakan dan penyelematan tumbuhan dan satwa liar. Fungsi lainnya sebagai tempat edukasi, peragaan, sumber indukan, serta rekreasi bagi masyarakat. Koleksi satwa di TSTJ Solo sebanyak 77 jenis, baik satwa lokal maupun eksotis.

“Keberadaan TSTJ Solo membantu menyelamatkan beragam jenis satwa yang dilindungi dan terancam punah. Satwa itu bisa direhabilitasi ke habitat liar,” papar dia.

Baca Juga: Pengumuman Lur! Bonbin Jurug Solo Tutup Sementara Per 1 September 2022

Selama ini, TSTJ Solo berhasil melakukan translokasi tiga satwa, yakni lutung budeng, owa, dan orangutan. Lutung budeng dilepasliarkan ke Jawa Timur. Sedangkan owa dan orangutan dilepasliarkan ke Kalimantan Tengah.

Agus menyampaikan TSTJ Solo pada 2019 menjadi pilot project revitalisasi kebun binatang. Pemerintah pusat melalui BKSDA Jawa Tengah memberikan hibah kandang satwa jenis reptil buaya, reptil kecil, dan unta senilai Rp1,9 miliar.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Bukti adanya akses penyeberangan kuno Sungai Bengawan Solo yang dibangun pada masa Kerajaan Medang atau Mataram Kuno tertuang dalam Prasasti Telang yang ditulis pada 6 Poroterang bulan Posya tahun 825 Saka (11 Januari 903 M).

      Berita Terkini

      Pendaftar Perempuan Kurang dari 30%, Perekrutan Panwascam Sragen Diperpanjang

      Bawaslu Sragen memperpanjang masa pendaftaran panwascam di empat kecamatan karena tak terpenuhi kuota 30% pendaftar perempuan.

      Total Ada 3 Jembatan Sasak Sukoharjo - Solo, Ada yang Baru Proses Bangun

      Total ada 3 jembatan sasak Sukoharjo - Solo yang digunakan sebagai jalur alternatif warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jurug. Salah satunya masih proses pembangunan.

      Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

      Polres dan polsek-polsek di Kabupaten Karanganyar serentak menyalurkan bantuan beras total 20 ton kepada warga yang membutuhkan.

      Ditinggal Salat Jumat di Al Aqsha Klaten, 2 Helm Warga Trucuk Diembat Maling

      Aksi pencurian helm terjadi ketika pemilik sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (30/9/2022) pukul 12.17 WIB.

      Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

      Pelaku UMKM di Karanganyar berharap ada bantuan imbas dari kenaikan BBM. Mereka mengaku omzet mereka merosot setelah harga bahan baku naik dan daya beli masyarakat menurun akibat harga BBM naik.

      Launching Sidoguro Klaten Desember 2022, Mulyani Masih Impikan Kereta Gantung

      Bukit Sidoguro hingga kini masih ditutup lantaran ada proyek penataan di objek wisata yang berlokasi bersebelahan dengan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat tersebut.

      Berstatus Ilegal, Jagal - Warung Kuliner Anjing di Solo Jalan Tanpa Pengawasan

      Karena statusnya yang ilegal, jagal hingga warung kuliner anjing di Kota Solo beroperasi tanpa pengawasan dari instansi terkait.

      Imbas Harga BBM Naik, Polda Jateng Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Boyolali

      Polda Jateng memberikan bantuan berupa paket beras kepada warga Boyolali yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Ini Daftar Parpol di Wonogiri yang Dilaporkan Mencatut Nama Warga

      Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri memperoleh laporan warga yang merasa namanya dicatut sebagai anggota partai politik (parpol).

      Muncul Jembatan Sasak Ketiga di Plumbon Sukoharjo, Proses Dibangun Jumat Ini

      Warga membangun jembatan sasak ketiga di Desa Plumbon, Mojolaban Sukoharjo, menghubungkan dengan wilayah Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (30/9/2022).

      Bakal Ada Patroli Besar-Besaran Tim Gabungan Sragen Mulai Malam Ini

      Polres Sragen menggandeng sejumlah instansi lain terkait akan menggelar operasi besar-besaran dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

      161 Nama Warga Wonogiri Dicatut Parpol, KPU Lakukan Klarifikasi

      Sebanyak 161 nama warga di Wonogiri dicatut sebagai anggota Parpol.

      Jaga Netralitas, Bawaslu Sragen Larang ASN Like dan Share Postingan Kampanye

      Bawaslu Sragen mewanti-wanti ASN untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan Pemilu 2024. Salah satunya dengan tidak like, share materi kampanye di media sosial.

      Audiensi dengan Pemkot Solo, Walhi Minta Amdal PLTSa Putri Cempo Dievaluasi

      Walhi Jateng mendesak Pemkot Solo mengevaluasi amdal PLTSa Putri Cempo, Mojosongo, salah satunya karena khawatir dampak ekonomi pada pemulung.

      Polres Antisipasi Kejahatan di Boyolali: Waspada Jalur Arteri Solo - Semarang

      Polres Boyolali mewaspadai gangguan kejahatan Boyolali khususnya di jalur arteri Solo - Semarang dan sebaliknya.