Bakal Ditutup Total 3 Bulan, Begini Pengaturan Lalin Simpang Joglo Solo

Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas saat simpang Joglo, Banjarsari, Solo, ditutup total selama tiga bulan.

 Detour track (kiri) di titik tengah Simpang Joglo sudah tersambung nantinya akan digunakan saat pembongkaran rel eksisting (kanan). Foto diambil Kamis (4/8/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

SOLOPOS.COM - Detour track (kiri) di titik tengah Simpang Joglo sudah tersambung nantinya akan digunakan saat pembongkaran rel eksisting (kanan). Foto diambil Kamis (4/8/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Kawasan Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, bakal ditutup total 24 jam/hari selama tiga bulan pada pembangunan tahap ketiga rel layang Joglo, tepatnya pada Agustus-Oktober 2023.

Terkait hal itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memiliki rencana manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) sebagai solusi kemacetan selama tahapan tersebut.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Hal itu mengemuka ketika Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau proyek serta lintasan kereta api di simpang Joglo, Minggu (7/8/2022).

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) Putu Sumarjaya dan Gibran menunjukkan linimasa pembangunan kepada wartawan di sela-sela peninjauan tersebut.

Berdasarkan linimasa tersebut, ada lima tahap pembangunan pada rel layang di simpang Joglo, Banjarsari, Solo. Penutupan simpang Joglo 24 jam/hari selama tiga bulan terjadi pada pembangunan tahap ketiga.

Baca Juga: Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan untuk Rel Layang, Catat Jadwalnya!

Ada tiga pekerjaan pada linimasa pembangunan rel layang Joglo tahap ketiga yang berupa pekerjaan super structure rangka baja. Pertama, erection bentang rangka baja sisi selatan pada Februari-April 2023.

Rekayasa lalu lintas untuk pekerjaan ini yakni adanya penutupan Jl Kolonel Sugiyono untuk kendaraan golongan 1, 2, dan 6. Lalu kendaraan berat golongan 3, 4, dan 5, yang melewati jalan Solo-Purwodadi dan Jl Kolonel Sugiyono dialihkan melalui tol.

Kendaraan Berat Dialihkan ke Tol

Kendaraan golongan 1  yakni sedan, mobil jip, pikap atau truk kecil, dan bus. Golongan 2 (truk besar dengan dua gandar/poros). Golongan 3 (truk besar tiga gandar/poros). Golongan 4 (truk besar dengan empat gandar/poros). Golongan 5 (truk besar dengan lima gandar/poros).

Kedua, pekerjaan erection bentang rangka baja sisi utara pada Mei-Juli 2023. Rekayasa lalu lintas simpang Joglo, Solo, untuk pekerjaan ini berupa penutupan jalan Solo-Purwodadi untuk kendaraan golongan 1, 2, dan 6. Sementara kendaraan golongan 3,4, dan 5 yang melewati jalan Solo-Purwodadi dan Jl Kol Sugiono dialihkan menuju tol.

Baca Juga: Menhub dan Gibran Cek Simpang Joglo Solo: Waspadai Titik Macet Baru!

Ketiga, pekerjaan erection bentang rangka baja sisi crown, Agustus -Oktober 2023. Rekayasa lalu lintasnya berupa penutupan Simpang Joglo 24 jam/hari selama tiga bulan.

Kemenhub memaparkan MRLL selama penutupan tiga bulan tersebut yakni:

  1. Kendaraan dari arah Purwodadi menuju arah Surabaya dan sebaliknya dialihkan lewat Jl. Kerinci-Jl. Bromo Raya-Jl. Sumpah Pemuda dan sebaliknya.
  2. Kendaraan dari arah selatan (kota) yang menuju Jl. Sumpah pemuda/arah Surabya dialihkan lewat Jl. Letjen Sutoyo-Jl. Sumpah Pemuda
  3. Kendaraan dari arah selatan (kota) yang menuju arah Yogyakarta/Jakarta dialihkan lewat Jl. Monginsidi-Jl. A. Yani- Jl. Adi Sumarmo
  4. Kendaraan dari arah barat (Jakarta/Yogyakarta) yang menuju simpang dialihkan lewat perempatan Komplang-Jl. Adi Sumarmo-Jl. Kapt. Pierre Tendean-Jl. A. Yani- Jl. Monginsidi
  5. Kendaraan besar gol. 3,4, dan 5 dilarang melintasi Viaduct Gilingan
  6. Kendaraan Gol 3,4, dan 5 yang menuju simpang Joglo dialihkan lewat tol.

Baca Juga: Detour Track Simpang Joglo Solo Kurang Sedikit, 10 Agustus Siap Dipakai

Jalur Favorit

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengingatkan masyarakat adanya gangguan lalu lintas selama pembangunan rel layang Joglo, Solo.

Budi menjelaskan simpang Joglo merupakan kawasan vital bagi lalu lintas kereta api penghubung Solo, Semarang, Purwokerto, dan Jogja. Kawasan itu merupakan jalur favorit karena warga Solo, Semarang, dan Jogja saling berkunjung.

“Kami bersama sama dengan kementerian PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat]  dan Pemkot Solo bahu membahu menargetkan tahapan pembangunan di sini April  2024 sudah selesai,” kata dia.

Baca Juga: Banyak Proyek Bikin Solo Terancam Macet Parah, Ini Saran Para Ahli

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan seluruh pihak terkait sudah mempertajam linimasa pembangunan. Bakal ada sejumlah titik kemacetan baru di Kota Solo selama pelaksanaan pembangunan.

“Ini tadi ke depan ada titik-titik kemacetan baru. Pekerjaan akan dimulai. Ini akan segera kami sosialisasikan rekayasa lalu lintas,” kata Gibran. Dia memohon kepada warga Solo bersabar selama proses pembangunan.

Pihak-pihak terkait akan mengejar pekerjaan supaya selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. “Harapannya ini selesai sesuai deadline yang telah ditetapkan dan insyaallah kemacetan seperti sekarang tidak ada lagi,” jelasnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Bukti adanya akses penyeberangan kuno Sungai Bengawan Solo yang dibangun pada masa Kerajaan Medang atau Mataram Kuno tertuang dalam Prasasti Telang yang ditulis pada 6 Poroterang bulan Posya tahun 825 Saka (11 Januari 903 M).

      Berita Terkini

      Total Ada 3 Jembatan Sasak Sukoharjo - Solo, Ada yang Baru Proses Bangun

      Total ada 3 jembatan sasak Sukoharjo - Solo yang digunakan sebagai jalur alternatif warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jurug. Salah satunya masih proses pembangunan.

      Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

      Polres dan polsek-polsek di Kabupaten Karanganyar serentak menyalurkan bantuan beras total 20 ton kepada warga yang membutuhkan.

      Ditinggal Salat Jumat di Al Aqsha Klaten, 2 Helm Warga Trucuk Diembat Maling

      Aksi pencurian helm terjadi ketika pemilik sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (30/9/2022) pukul 12.17 WIB.

      Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

      Pelaku UMKM di Karanganyar berharap ada bantuan imbas dari kenaikan BBM. Mereka mengaku omzet mereka merosot setelah harga bahan baku naik dan daya beli masyarakat menurun akibat harga BBM naik.

      Launching Sidoguro Klaten Desember 2022, Mulyani Masih Impikan Kereta Gantung

      Bukit Sidoguro hingga kini masih ditutup lantaran ada proyek penataan di objek wisata yang berlokasi bersebelahan dengan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat tersebut.

      Berstatus Ilegal, Jagal - Warung Kuliner Anjing di Solo Jalan Tanpa Pengawasan

      Karena statusnya yang ilegal, jagal hingga warung kuliner anjing di Kota Solo beroperasi tanpa pengawasan dari instansi terkait.

      Imbas Harga BBM Naik, Polda Jateng Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Boyolali

      Polda Jateng memberikan bantuan berupa paket beras kepada warga Boyolali yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Ini Daftar Parpol di Wonogiri yang Dilaporkan Mencatut Nama Warga

      Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri memperoleh laporan warga yang merasa namanya dicatut sebagai anggota partai politik (parpol).

      Muncul Jembatan Sasak Ketiga di Plumbon Sukoharjo, Proses Dibangun Jumat Ini

      Warga membangun jembatan sasak ketiga di Desa Plumbon, Mojolaban Sukoharjo, menghubungkan dengan wilayah Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (30/9/2022).

      Bakal Ada Patroli Besar-Besaran Tim Gabungan Sragen Mulai Malam Ini

      Polres Sragen menggandeng sejumlah instansi lain terkait akan menggelar operasi besar-besaran dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

      161 Nama Warga Wonogiri Dicatut Parpol, KPU Lakukan Klarifikasi

      Sebanyak 161 nama warga di Wonogiri dicatut sebagai anggota Parpol.

      Jaga Netralitas, Bawaslu Sragen Larang ASN Like dan Share Postingan Kampanye

      Bawaslu Sragen mewanti-wanti ASN untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan Pemilu 2024. Salah satunya dengan tidak like, share materi kampanye di media sosial.

      Audiensi dengan Pemkot Solo, Walhi Minta Amdal PLTSa Putri Cempo Dievaluasi

      Walhi Jateng mendesak Pemkot Solo mengevaluasi amdal PLTSa Putri Cempo, Mojosongo, salah satunya karena khawatir dampak ekonomi pada pemulung.

      Polres Antisipasi Kejahatan di Boyolali: Waspada Jalur Arteri Solo - Semarang

      Polres Boyolali mewaspadai gangguan kejahatan Boyolali khususnya di jalur arteri Solo - Semarang dan sebaliknya.

      Tarik Pungli, Eks Camat dan Eks Kades di Wonogiri Dijebloskan ke Sel Tahanan

      Eks Camat Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, SM dan eks Kepala Desa (Kades) Sendangagung, Kecamatan Giriwoyo, SK, tersandung kasus tindak pidana korupsi pungutan liar (pungli) Program Nasional Agraria (Prona) Kecamatan Giriwoyo 2016.