SOLOPOS.COM - Pelaku seni menari dalam pembukaan pameran seni rupa di terminal keberangkatan Yogyakarta International Airport (YIA). (Ist Humas Bandara YIA Harian Jogja)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah berencana memangkas jumlah bandara berstatus internasional dari 32 menjadi sekitar 14 atau 15 bandara. Berikut adalah daftar sementara bandara internasional yang ada di Indonesia.

Keputusan untuk memangkas jumlah bandara internasional itu berdasakan hasil kesepakatan bersama antara Menteri Perhubungan dengan Menteri BUMN yang direstui Presiden Jokowi dalam rapat yang digelar pada Selasa (31/1/2023) lalu. Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan tujuan pengurangan bandara internasional ini adalah untuk mendorong peningkatan perjalanan domestik dalam rangka mendukung pariwisata lokal.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Tidak hanya itu, pemangkasan jumlah bandara itu juga bertujuan mengurangi perjalaan ke luar negeri bagi warga negara Indonesia. “Kita jangan menciptakan pemborosan baru, [kalau tidak dibatasi] nanti lebih banyak orang Indonesia yang ke luar negeri daripada orang [turis mancananegara] ke dalam negeri,” kata Erick yang belum mengungkap daftar bandara internasional di Indonesia yang bakal dipertahankan seperti dilansir dari Antara, Jumat (3/2/2023).

Erick menegaskan sebagian bandara yang tak lagi melayani penerbangan internasional nantinya tetap bisa melayani penerbangan ke Tanah Suci bagi jemaah umrah. “Bandara yang di daerah boleh [melayani penerbangan internasional], tapi hanya untuk umrah,” kata dia.

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tercatat ada 340 bandara yang tersebar pada seluruhIndonesia. Sebanyak 32 bandara di antaranya berkategori internasional. Berikut daftar 32 bandara internasional di Indonesia baik yang dikelola TNI, Ditjen Hubungan Udara/Pemda, dan PT Angkasa Pura I dan II.

  1. Kualanamu
  2. Sultan Iskandar Muda
  3. Supadio
  4. Frans Kaisiepo
  5. Halim Perdanakusuma
  6. Husein Sastranegara
  7. Adisutjipto
  8. Kertajati
  9. Polonia
  10. Raja Haji Fisabilillah
  11. Soekarno Hatta
  12. Sultan Mahmud Badaruddin II
  13. Hang Nadim
  14. Juwata
  15. Sentani
  16. Sultan Syarif Kasim II
  17. I Gusti Ngurah Rai
  18. Juanda
  19. Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan
  20. El Tari
  21. Jendral Ahmad Yani
  22. Sam Ratulangi
  23. Syamsudin Noor
  24. Silangit
  25. Adi Sumarmo
  26. Lombok Praya
  27. Pattimura
  28. Selaparang
  29. Sultan Hasanuddin
  30. Mopah
  31. Minangkabau International Airport
  32. Bali Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya