Bakal Dipakai Indonesia, Vaksin Ini Punya Efikasi Hingga 100% Untuk Remaja, Wow!

BPOM telah mengizinkan penggunaan darurat vaksin Pfizer dan BioNTech yang disebut memiliki efikasi hingga 100% untuk kalangan remaja.

 Vaksin Covid-19 buatan Pfizer. (Antara-Reuters)

SOLOPOS.COM - Vaksin Covid-19 buatan Pfizer. (Antara-Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin produksi Pfizer dan BioNTech. Vaksin ini menunjukkan efikasi hingga 100 persen untuk remaja.

Kepala BPOM, Penny K. Lukito, mengatakan BPOM telah menerbitkan EUA untuk vaksin Cominarty yang diproduksi oleh Pfizer – BioNTech dengan platform m-RNA pada Rabu (14/7/2021). Vaksin ini memiliki indikasi mencegah Covid-19 yang disebabkan SARS Cov untuk orang berusia 12 tahun ke atas.

“Efikasi pada [kelompok umur] 16 tahun ke atas 95,5 persen. Pada remaja usia 12-15 tahun sebesar 100 persen,” katanya saat konferensi pers virtual pada Kamis (15/7/2021).

Sama seperti vaksin lainnya, vaksin bernama Cominarty ini disuntikkan dua kali dalam rentang waktu 3 pekan. Sejumlah kajian telah dilakukan bersama tim ahli untuk menguji aspek keamanan dan efikasi.

Baca Juga: Ekspor Vaksin China ke Indonesia Capai 121,9 Juta

Secara umum, kata Penny, keamanan dapat ditoleransi pada semua kelompok. Kejadian reaksi yang paling sering timbul di antaranya nyeri pada tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, dan demam.

“Sesuai dengan kondisi kedaruratan, percepatan [vaksin] disetujui dengan penggunaan kondisi darurat. Namun tentu saja aspek data, aspek mutu, khasiat dan keamanan adalah tetap menjadi prioritas kami,” ujarnya lagi.

Menurutnya, data imunogenitas pemberian dua dosis vaksin ini menghasilkan respons imun yang baik.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah menyepakati kerja sama dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE untuk menyediakan 50 juta dosis vaksin sepanjang tahun 2021.

Baca Juga: Malaysia Ganti Vaksin, Setop Sinovac, Andalkan Pfizer-Biontech

Pfizer dan BioNTech telah menargetkan untuk memproduksi 3 miliar dosis vaksin Covid-19 secara global sampai dengan akhir 2021. Dengan asumsi pelabelan enam dosis yang diperbarui, perbaikan proses secara terus-menerus, perluasan fasilitas produksi yang ada, serta melalui penambahan pemasok baru dan produsen kontrak.


Berita Terkait

Berita Terkini

COP26 Sangat Strategis untuk Bersama-Sama Menyelamatkan Dunia

Pertemuan ini khusus membicarakan perubahan iklim dan strategi serta rencana negara-negara di dunia untuk menanggulangi.

Solopos Hari Ini: Meminta Keadilan untuk Gilang, Klaster PTM Capai 99

Harian Solopos Edisi Selasa (26/10/2021) mengangkat headline terkait meninggalnya salah satu mahasiswa UNS setelah mengikuti diklat di kampusnya.

Ultah Terakhir Putri Mako Sebagai Anggota Kekaisaran Jepang

Putri Mako merayakan ulang tahunnya yang ke-30 pada hari Sabtu (23/10), menandai ulang tahun terakhir yang dia miliki sebagai anggota keluarga kekaisaran Jepang.

Kudeta Militer, Perdana Menteri Sudan Diculik ke Tempat Rahasia

Pejabat senior pemerintahan Sudan ditangkap dan dibawa ke tempat rahasia yang tak diketahui. Salah satu yang ditangkap adalah Perdana Menteri Abdallah Hamdok.

Wali Kota Makassar: Nakes Pembuat Surat Vaksinasi Palsu Akan Dipecat

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memastikan tenaga kesehatan atau nakes pembuat surat vaksinasi Covid-19 palsu bakal dipecat.

Jasa Raharja Kini Terintegrasi ke E-Tilang

Aplikasi JRKu bisa dimanfaatkan oleh Korlantas Polri untuk mengecek data serta masa pajak kendaraan bermotor apakah telah dibayarkan atau belum.

Haedar Nashir: Yang Klaim Lembaga Negara Miliknya Belum Akil Baligh

Haedar mengutip pidato Sukarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI yang menyatakan bahwa pendirian negara Indonesia adalah untuk semua.

Awas! Penyakit Polio Intai Indonesia, Ini Penjelasan Satgas IDAI

Penyakit polio dikatakan Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) masih mengintai Indonesia karena vaksinasi terhenti akibat pandemi.

PDIP Beri Beasiswa Penelitian Perbandingan Era SBY dan Jokowi

Hasto mencontohkan, mengapa dalam era demokrasi dengan kompetisi yang sangat ketat, pada tahun 2009 ada parpol yang mencapai kenaikan perolehan suara 300 persen.

Sejarah Hari Ini : 26 Oktober 2010, Gunung Merapi Meletus Dahsyat

Letusan dahsyat Gunung Merapi yang menewaskan ratusan orang menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 26 Oktober.

Kapolres Nunukan Sempat Berencana Mutasi Anak Buah yang Dihajar

Dearystone mengatakan telegram rahasia mutasi tersebut sudah sempat dibuat oleh Kapolres Nunukan namun akhirnya dibatalkan Kapolda Kalimantan Utara.

Bikin Mrinding! Pinjol Ilegal Ancam Kirim Santet Saat Tagih Utang

Pekerja pinjaman online atau pinjol ilegal tak segan mengancam saat menagih hutang, salah satunya mengirim santet ke korban.

Kapolres Nunukan Aniaya Anak Buah, Kompolnas: Polisi Kok Militeristik?

Menurut Poengky, jika betul anggota bersalah masih ada cara pembinaan yang humanis antara lain dengan melakukan teguran dan hukuman yang mendidik.

LRT Kecelakaan di Jakarta, Pengujian 31 Trainset Jalan Terus

INKA akan bertanggung jawab karena status rangkaian LRT Jabodebek yang mengalami kecelakaan tersebut masih pengujian dan belum beroperasi resmi.

Keren, Warga NU Punya Aplikasi Basis Data Bernama NUChat

Keunggulan NUChat bisa berkomunikasi dengan jaringan yang tak stabil dengan otomatis pesan beralih ke SMS.