Bakal Dinaikkan Presiden Jokowi, Gaji Perdes Sragen Sudah Lebihi PNS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menaikkan gaji perangkat desa (perdes) setara dengan gaji pegawai negeri sipil (PNS). Di sisi lain, gaji perangkat desa (perdes) Sragen sebetulnya sudah melebihi gaji PNS Golongan II.

Bakal Dinaikkan Presiden Jokowi, Gaji Perdes Sragen Sudah Lebihi PNS

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perangkat desa. (Solopos-Dok)

Solopos.com, SRAGEN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menaikkan gaji perangkat desa (perdes) setara dengan gaji pegawai negeri sipil (PNS). Di sisi lain, gaji perangkat desa (perdes) Sragen sebetulnya sudah melebihi gaji PNS Golongan II.

Ketua Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa (Praja) Sragen, Sumanto, mengatakan sumber gaji perdes adalah alokasi dana desa (ADD). Sementara tunjangan perangkat desa berasal dari tanah bengkok.

“Perlu saya jelaskan gaji perdes di Sragen rata-rata telah melebihi gaji PNS Golongan II, minimal setara. Gaji PNS Golongan II itu sekitar Rp1,9 juta. Artinya, kami tidak perlu bingung menyikapi aturan baru [soal kenaikan gaji perdes] tersebut karena di Sragen sudah berjalan,” terang Sumanto saat dihubungi Solopos.com, Kamis (24/1/2019).

Pada 2018 lalu, Pemkab Sragen mengalokasikan anggaran senilai Rp104 miliar untuk ADD. Tahun ini, ADD naik menjadi Rp116 miliar. Rata-rata tiap desa mendapatkan ADD senilai Rp500 juta hingga Rp600 juta.

Pagu gaji perdes tiap tahun antara desa satu dengan desa lainnya tidak sama, tergantung jumlah kebayanan. Jika hanya ada dua kebayanan, gaji kasi/kaur rata-rata mencapai Rp2,2 juta, sementara untuk bayan rata-rata Rp2,4 juta.

Bila ada tiga kebayanan, gaji kasi/kaur senilai Rp2 juta, sementara gaji bayan Rp2,1 juta. Sementara bila ada empat kebayanan, kasi/kaur rata-rata digaji Rp1,9 sementara bayan Rp2 juta.

“Di Sragen, pagu gaji perdes tiap desa rata-rata mencapai Rp300 juta/tahun,” jelas Sumanto.

Berita Terkait

Berita Terkini

AKBP Edy Suranta Sitepu Tak Lagi Menjabat Kapolres Klaten, Ini Pejabat Yang Baru

Kapolres Klaten diganti, AKBP Edy Suranta Sitepu sudah tidak lagi menduduki tersebut dan diganti pejabat baru per Rabu (28/7/2021).

Jos! Anthony Ginting Raih Tiket Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Anthony Sinisuka Ginting menang dua game langsung 18-21, 14-21 melawan pebulu tangkis tuan rumah Jepang, Kanta Tsuneyama.

Jelang Alih Status Jadi UIN, IAIN Salatiga Buka Program Doktoral

Rektor IAIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menyebut kelak UIN Salatiga akan buka program vokasi sesuai kebutuhan masyarakat.

Pengumuman! Ruas Jalan di Kawasan Perkotaan Klaten Ditutup Mulai Pukul 20.00 WIB

Belasan ruas jalan di kawasan perkotaan Klaten mulai ditutup sejak pukul 20.00 WIB-05.00 WIB setiap harinya selama PPKM Level 4.

Positif Corona, 2 Pasangan Calon Pengantin Di Wonogiri Tunda Akad Nikah

Dua pasangan calon pengantin di Kecamatan/Kabupaten Wonogiri terpaksa menunda proses ijab kabul karena terkonfirmasi positif corona.

Sejarah Indonesia! Greysia/Apriyani Lolos ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Greysia Polii/Apriyani Rahayu mencetak sejarah sebagai ganda putri pertama Indonesia yang berhasil lolos ke babak semifinal Olimpiade.

Terjadi Kerumunan, Penyaluran Bansos di Bantul di Beberapa Titik Ditunda

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (monev) di lapangan, masih ada penyaluran bansos di Kabupaten Bantul yang menimbulkan kerumunan.

Bocoran Harga Xiaomi Poco F3 GT, Ponsel 5G Spek Gaming

Perusahaan smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, telah merilis produknya baru yakni Poco F3 GT dengan spesifikasi yang cocok untuk para pencinta game.

Kisah Penamaan Wedi di Klaten Berkaitan dengan Sunan Pandanaran

Kepala Dusun (Kadus) I Kalitengah, Wedi, Slamet Widodo, 62, mengatakan kisah penamaan Wedi berawal dari perjalanan Sunan Bayat saat berada di Wedi.

Akses ke Bandara YIA Semakin Mudah dengan Kehadiran Tol

Akses masyarakat menuju ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang berada di wilayah kabupaten Kulonprogo semakin dipermudah.

Dijaga Satgas, Ratusan Tamu Batal Datang ke Hajatan Warga di Jenar Sragen

Ratusan tamu undangan tidak datang pada hajatan yang digelar warga Jenar, Sragen, yang ditunggui Satgas Covid-19.

Belum Genap Sepekan, 22 Warga Klaten Positif Corona Pulang Dari Asrama Haji Donohudan

Sebanyak 22 warga Klaten positif corona yang menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan Boyolali pulang karena sudah sembuh.