Bakal Dilewati KRL, Ternyata Begini Sejarah Jalur KA Solo Balapan-Palur

Jalur KA Solo Balapan-Palur yang akan dipakai untuk jalur KRL ternyata dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda, begini ceritanya.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kemeja hitam) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri Gibran) mengecek infrastruktur pendukung layanan kereta rel listrik di Stasiun Palur, Karanganyar, Kamis (25/5/2022). (Istimewa/Pemkot Solo)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kemeja hitam) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri Gibran) mengecek infrastruktur pendukung layanan kereta rel listrik di Stasiun Palur, Karanganyar, Kamis (25/5/2022). (Istimewa/Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Impian masyarakat Palur, Karanganyar, dan sekitar untuk bisa menikmati layanan transportasi nyaman, cepat, dan hemat berupa KRL dari Solo Balapan-Palur segera terwujud.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan operasi kereta rel listrik (KRL) Solo Balapan-Palur awal Juli 2022. Proses elektrifikasi jalur untuk KRL itu saat ini sudah mencapai 84,33%.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Kelaikan jalur itu pun sudah beberapa kali diuji coba, termasuk oleh Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kamis (26/5/2022). Proyek dengan nilai investasi mencapai Rp348,5 miliar diharapkan memberikan sejumlah manfaat.

Selain mempersingkat waktu, KRL Solo Balapan-Palur juga akan mengoptimalkan layanan KRL Solo-Jogja, dan menjadikan kawasan Palur sebagai kawasan berorientasi transit. “Pekerjaaan sudah relatif selesai. Insyaallah Juli mulai [operasi],” kata Budi.

Dilihat dari sejarahnya, jalur KA Solo Balapan-Palur sebenarnya sudah lama ada dan menjadi bagian dari jalur Solo Balapan-Kertosono. Laman Wikipedia yang mengutip buku Spoorwegen op Java tahun 1873, menjelaskan sejarah jalur tersebut.

Baca Juga: Cepat Banget! Segini Waktu Tempuh Solo Balapan-Palur Naik KRL

Awalnya, Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan konsesi izin pembangunan jalur Surabaya–Solo dan Madiun–Ponorogo pada 1873. Hal ini tak lepas dari Kota Madiun yang dikuasai Hindia Belanda pada 1830-an atau setelah perang Diponegoro.

Madiun menjadi wilayah berstatus karesidenan dan menjadi tempat tinggal orang-orang Belanda dan Eropa lainnya. Terutama yang bekerja di bidang perkebunan dan perindustrian.

Wilayah sekitar Madiun dikembangkan berbagai perkebunan dan pabrik, antara lain perkebunan tebu dengan pabrik gula, perkebunan teh, kopi, dan tembakau. Sistem transportasi terpadu diperlukan untuk mendukung industri tersebut.

Baca Juga: Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Proyek Jalur Ganda

Sampai akhirnya perusahaan KA milik Pemerintah Hindia Belanda, Staatsspoorwegen merintis pembangunannya. Kini, jalur Solo Balapan-Palur yang akan dipakai untuk rute KRL masih aktif dan dilewati kereta api lintas Solo-Surabaya.

Apalagi dengan adanya proyek jalur ganda Solo-Kedungbanteng. Namun, stasiunnya tidak lagi aktif melayani penjualan tiket maupun naik turun penumpang.

Direktur Sarana Perkeretaapian, Djarot Tri, dalam paparannya saat uji coba KRL Solo Balapan-Palur di Stasiun Palur, Kamis (25/5/2022), menjelaskan ada peningkatan jalur KA berupa jalur ganda KA Solo-Kedungbanteng sejak 2017 sampai 2020.

Baca Juga: KRL Solo-Jogja Sampai Palur Mulai Juli 2022, Kapan Sampai Madiun?

Upaya itu dilakukan dengan diikuti pembangunan gedung baru Stasiun Palur, pembangunan peron tinggi, dan pembangunan selter. Sementara pembangunan elektrifikasi jalur KA Lintas Solo Balapan-Solo Jebres-Palur dimulai dengan kajian sejak 2011.

Detail Engineering Design (DED)-nya disusun pada 2019. “Investasi proyek Solo Balapan-Solo Jebres- Palur menelan biaya Rp349,5 miliar dengan tahap pembangunan [konstruksi] mulai 2020. Insyaallah selesai bulan Juli 2022,” jelasnya.

Selain Solo Balapan-Palur, ada elektrifikasi Stasiun Palur sampai Kedungbanteng dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dari pemerintah pusat.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dulu Konser untuk Revolusi, Kini Konser untuk Pemulihan

+ PLUS Dulu Konser untuk Revolusi, Kini Konser untuk Pemulihan

Pada masa kebangkitan nasionalisme dan revolusi kemerdekaan konser jamak bertujuan memperkuat semangat revolusi. Pada era setelah pandemi Covid-19 mereda, konser adalah wahana pemulihan ekonomi dan sektor kehidupan lainnya.

Berita Terkini

Beda dari Lainnya! Bugisan Klaten Bikin Paket Wisata Pengelolaan Sampah

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan berkeinginan menjadi desa wisata di tengah potensi wilayah yang dikelilingi candi dan kental dengan potensi budaya. Namun, keinginan menjadi desa wisata itu terganjal permasalahan sampah.

Jelang Penutupan Untuk Revitalisasi, TSTJ Solo Malah Tambah Ramai

Jumlah pengunjung TSTJ atau Jurug Solo Zoo justru semakin ramai menjelang penutupan untuk revitalisasi yang direncanakan mulai 1 Juli 2022.

Tahap I, Boyolali Peroleh 1.900 Dosis Vaksin dari Kementan

Kabupaten Boyolali mendapatkan dropping 1.900 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (24/6/2022) sore.

Misterius! Sungai Mungkung Sragen Tercemar Berat, Pemerintah Cari Tahu

DLH Kabupaten Sragen menyebut tingkat pencemaran di Sungai Mungkung Sragen cukup berat apabila dibandingkan dengan sungai lain di Kabupaten Sragen.

Vaksinasi PMK Boyolali Dimulai Besok, Sapi Perah Jadi Prioritas

Vaksinasi menanggulangi persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali dimulai, Senin (27/6/2022). Vaksinasi PMK di Boyolali diperkirakan akan diselesaikan dalam dua hari.

Lepas 111 Calhaj Menuju Donohudan, Ini Pesan Wabup Boyolali

Pemkab Boyolali melepas 111 calon jemaah haji (calhaj) di kompleks Kantor Bupati Boyolali, Minggu (26/6/2022) pagi.

Karanganyar Akan Terima 2.000 Dosis Vaksin PMK, Sapi Ini Jadi Prioritas

Kabupaten Karanganyar akan mendapatkan alokasi 2.000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Cerita Bocah Pemulung Cilik Solo: Cari Rongsokan Sejak Usia 3 Tahun

Bocah pemulung cilik di Solo menceritakan kisahnya ikut mencari rongsokan sejak berusia tiga tahun.

Geronjal! Jalan di Palang Sepur Dagen Berbatu & Sempit

Kondisi palang sepur di Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, terus menjadi keluhan warga.

Bupati Karanganyar: Palang Sepur Dagen Sering Macet, Dibaikan PT KAI

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, curhat keluhannya tentang palang sepur Dagen selama tujuh tahun terakhir diabaikan PT KAI.

Ribuan Honda CB Nangkring di Terminal Tirtonadi Solo, Ngapain Ya?

Ribuan sepeda motor Honda CB memenuhi di kawasan Terminal Tirtonadi Kota Solo, Minggu (26/6/2022).

Mau Keliling Soloraya Naik Bus Wisata Solo? Segini Tarifnya

Tarif menyewa bus wisata Dishub Solo untuk berwisata keliling Soloraya ternyata cukup ramah di kantong.

Kronologi Bus Tabrak Warung di Tawangmangu: Rem Blong dari Magetan

Kronologi kecelakaan bus tabrak warung di Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (25/6/2022) terjadi akibat rem blong sejak dari Magetan, Jawa Timur.

Gaji ke-13 Segera Cair Lur, DPRD dan PPPK Karanganyar Juga Dapat

Komponen gaji ke-13 adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan beras, dan tunjangan PPh, tanpa potongan.

Kecelakaan di Sukoharjo Tinggi, Sopir Ambulans Dibekali PPGD, Apa Itu?

Ketua umum Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu (FAST), Wirawan Setiadi, mengatakan perlunya pengemudi ambulans mengetahui penanganan korban lakalantas dengan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD).