SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di depan Klaten Town Square, Jl Pemuda, Klaten Tengah, Klaten, Kamis (18/4/2024). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, KLATEN — Klaten Town Square (Klatos) yang sebelumnya bernama Plasa Klaten dijadwalkan diresmikan pada Juli 2024 mendatang. Kendati demikian, bioskop XXI yang bakal melengkapi sarana hiburan di pusat perbelanjaan tengah kota Klaten itu baru siap dibuka pada Oktober atau November 2024.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Klaten, Anang Widjatmoko, ketika diwawancarai Solopos.com di Gedung Grha Bung Karno, Klaten, belum lama ini.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Jadi peresmian direncanakan bulan tujuh [Juli] tahun ini, tetapi kalau XXI-nya mungkin buka sekitar bulan sepuluh atau sebelas [Oktober-November],” kata dia.

Saat ini, lanjut Anang, Klaten Town Square masih dalam tahap penyempurnaan. Baru bagian tenant yang sudah bisa digunakan. “Ini baru tenant yang ada, tapi yang depan itu kan belum jadi,” kata dia

Meski belum sepenuhnya jadi, dia mengatakan pada momen Lebaran lalu Klatos sempat dibuka untuk umum. Hal itu bertujuan untuk mengenalkan Klatos kepada masyarakat.

“Saya senang ya, kemarin Klaten Town Square itu kami paksa untuk dibuka, mestinya belum waktunya itu. Dibuka agar masyarakat tahu Klaten punya mal, tapi ini akan tutup lagi karena belum peresmian,” kata dia.

Saat pembukaan sementara itu, dia mengatakan antusiasme masyarakat menyambut Klatos sangat tinggi meski belum selesai secara menyeluruh. “Insyaallah Lebaran tahun depan kami jamin mal itu sudah beroperasi termasuk bioskop XXI,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Klaten Town Square yang sebelumnya Plasa Klaten merupakan aset Pemkab Klaten. Beberapa tahun terakhir, pusat perbelanjaan yang berada di tepi Jl Pemuda, Kecamatan Klaten Tengah, tersebut dikelola pihak ketiga.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, dalam beberapa kali kesempatan menyampaikan keinginan agar Plasa Klaten yang berubah menjadi Klatos lebih tertata setelah ada kerja sama dengan investor baru yang mengelola pusat perbelanjaan tersebut.

Selain lokasi menjadi lebih segar dan menarik, dia berharap brand-brand ternama bisa dihadirkan di Klatos termasuk fasilitas lain seperti karaoke keluarga serta bioskop.

Proses revitalisasi Plasa Klaten menjadi Klaten Town Square sudah dimulai sejak Maret 2023 diawali dengan penataan fasad atau tampilan muka. Meski ada revitalisasi, gerai Department Matahari Store di dalamnya tetap buka.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Hari Buruh, 1.000 Orang Senam Bersama hingga Bagi-bagi Doorprize di Boyolali

Hari Buruh, 1.000 Orang Senam Bersama hingga Bagi-bagi Doorprize di Boyolali
author
Suharsih Rabu, 1 Mei 2024 - 17:29 WIB
share
SOLOPOS.COM - Kalangan buruh di Boyolali memperingati Hari Buruh Internasional dengan senam dan pembagian doorprize di Alun-alun Kidul Boyolali, Rabu (1/5/2024). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Sekitar 1.000 orang mengikuti kegiatan senam bersama untuk memeriahkan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Alun-alun Kidul Boyolali, Rabu (1/5/2024). Selain senam bersama, kegiatan juga dimeriahkan pembagian doorprize seperti sepeda dan kulkas.

Ketua DPD Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Boyolali yang menjadi ketua panitia acara tersebut, Wahono, menyampaikan ada sekitar 1.000 buruh dari berbagai perusahaan yang hadir dalam acara hari itu. Mereka berbaris terbagi menjadi empat kompi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Masing-masing kompi terdiri dari sekitar 250 buruh dari 39 perusahaan di Boyolali. “Dengan May Day bersama ini mari kita tingkatkan jalinan silaturahmi para pekerja, pengusaha, dan pemerintah,” ujar dia saat ditemui wartawan di sela-sela acara.

Wahono mengatakan jalinan silaturahmi para pekerja, pengusaha, dan pemerintah dipandang perlu. Ia berharap dengan dipertemukannya tiga pihak tersebut dalam peringatan Hari Buruh Internasional di Boyolali dapat menggugah rasa saling memperhatikan.

Koran Solopos

Perhatian dimaksud yakni pemerintah memperhatikan kesejahteraan buruh dan pengusaha memberikan kesejahteraan kepada pekerja. Dengan May Day bersama, Wahono berharap bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah selaku stakeholder dan pengusaha.

Komunikasi tersebut, jelas dia, bertujuan agar meminimalkan pelanggaran ketenagakerjaan. “Kami selaku DPD KSPN Boyolali terus mendorong perjuangan buruh yang selama ini belum terpenuhi. Contohnya di Boyolali masih ada upah murah, pelanggaran hubungan kerja PKWT ataupun outsourcing, dan pelanggaran lain yang masih kami pantau,” kata dia.

Wahono juga mengatakan May Day menjadi ajang untuk membangun solidaritas dan momentum. Ia menjelaskan KSPN tetap berjuang melalui pengurus di perusahaan untuk tetap menyuarakan perjuangan buruh.

Emagazine Solopos

Lebih lanjut, Wahono menjelaskan telah berkoordinasi dengan KSPN pusat dan kegiatan peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei diserahkan ke masing-masing daerah termasuk di Boyolali. Sehingga, tidak ada anggota KSPN yang menggelar demonstrasi.

Tidak Lakukan Demo

“Tahun lalu masih ada yang kami kirim ke Jakarta, untuk tahun ini ke Jakarta tidak ada. Namun, KSPN tetap menyuarakan untuk perjuangan kesejahteraan buruh. Di masing-masing perusahaan kami beri banner atau spanduk tentang pelanggaran hubungan kerja, PKWT, outsourcing, menolak upah murah, dan lain-lain,” kata dia.

Selain itu, KSPN juga menuntut dicabutnya Undang-Undang Cipta Kerja yang dinilai merugikan buruh. Sementara itu, Bupati Boyolali, M Said Hidayat, mengucapkan selamat Hari Buruh kepada semua pekerja.

Interaktif Solopos

“Harapan kami selaku Pemerintah Kabupaten Boyolali, apa yang sudah terjaga, kerja sama yang baik antara pemerintah, pengusaha, dan buruh atau pekerja dapat dijaga agar suasana tetap kondusif,” kata dia.

Ia juga berharap dengan para pengusaha yang menanamkan modal di Boyolali serta membuka peluang kerja bisa memberikan manfaat dan kemanfaatan bagi masyarakat di Kota Susu.

Said juga menilai sinergitas antara Pemkab Boyolali, pengusaha, dan buruh telah terbangun dengan baik. Langkah-langkah kebijakan yang diambil pemerintah selalu melibatkan pengusaha dan pekerja.



“Artinya tinggal diteruskan saja apa yang sudah berjalan baik. Kerja sama antara pemerintah, pengusaha, pekerja atau buruh harus dijaga sebaik-baiknya,” kata dia.

Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Boyolali, Bambang Sutanto, dalam sambutannya pada acara itu menyampaikan peringatan Hari Buruh Internasional kali ini mengambil tema Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh Yang Kompeten dengan tagline May Day is Terampil Day.

“Peringatan ini diharapkan dapat menjadi momentum kebersamaan bagi pekerja, pengusaha, dan pemerintah yang memperlihatkan komitmen untuk membangun hubungan industrial yang bermartabat, menuju hubungan industrial yang lebih harmonis, dinamis dan berkeadilan,” jelasnya.

Hal tersebut, tutur dia, guna meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh di Boyolali serta meningkatkan kualitas dan kompetensi dalam menghadapi tantangan masa depan.

“Terciptanya hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan diyakini dapat berdampak positif dalam penciptaan lapangan pekerjaan dan peningkatan iklim investasi di Boyolali,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Kualitas Tidur Pengaruhi Stres dan Gangguan Kesehatan

Kualitas Tidur Pengaruhi Stres dan Gangguan Kesehatan
author
Newswire , 
Astrid Prihatini WD Rabu, 1 Mei 2024 - 17:25 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita tidur nyenyak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kualitas tidur dapat berpengaruh terhadap tingkat stres dan depresi yang dirasakan seseorang, karena itu ketahui cara mengelolanya. Untuk menjaga kesehatan tubuh, simak ulasannya di info sehat ini.

Kurang tidur seringkali membuat kita terbangun dalam kondisi mengalami sakit kepala di pagi hari dan merasa mengantuk sepanjang hari. Hal ini membuat kita sering tertidur tiba-tiba atau membutuhkan kafein untuk melewati hari.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dilansir dari Medical Daily, Selasa (30/4/2024), Spesialis Klinik Kesehatan Tidur Bersertifikat Dr. Holliday-Bell mengatakan stres dapat memicu tubuh merasa lelah atau melawan sistem respons yang menyebabkan terjadinya pelepasan hormon kortisol secara berlebihan.

Bell mengatakan kondisi tersebut menyebabkan detak jantung seseorang meningkat, tekanan darah dan laju pernafasan meningkat sehingga tubuh akan merasa terangsang dan jauh lebih bersemangat, hal inilah yang menyebabkan waktu tidur jadi tidak kondusif.

Koran Solopos

“Peningkatan kortisol dasar ini menyebabkan peradangan melemahnya pembuluh darah dan penyakit jantung,” katanya dikutip dari Antara pada Rabu (1/5/2024).

Kualitas tidur yang baik juga membantu seseorang mengatur rasa lapar dan kenyang sehingga hormon lapar ghrelin dilepaskan dalam jumlah yang lebih tinggi ketika kita tidak cukup tidur dan hormon leptin diproduksi dalam jumlah yang lebih sedikit, katanya.

Kurang waktu tidur juga dapat menimbulkan konsekuensi jangka panjang yang serius pada berbagai aspek kehidupan mulai dari penambahan berat badan dan melemahnya kekebalan tubuh hingga peningkatan risiko kecemasan, depresi, dan penyakit jantung, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas hidup dan umur panjang.

Emagazine Solopos

Berdasarkan laporan jajak pendapat Gallup baru-baru ini menunjukkan bahwa orang dewasa di Amerika Serikat sebanyak 57 persen mengatakan mereka akan merasakan suasana hati yang jauh lebih baik jika waktu tidurnya lebih banyak.

Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan yang jelas antara meningkatnya stres dan penurunan kualitas tidur. Sebanyak 63 persen mengatakan mengalami stres yang lebih parah bila tidur kurang, dan 31 persen mengaku puas dengan tidurnya meski mengalami tingkat stres yang serupa.

Ia menyayangkan temuan itu karena selain dampak buruk yang telah disebutkan, kurang tidur membuat Anda cenderung membuat keputusan mengonsumsi makanan yang buruk dan berujung pada peningkatan risiko obesitas.

Interaktif Solopos

“Sistem kekebalan tubuh kita diatur dan berfungsi paling baik di malam hari, sehingga kurang tidur secara terus-menerus meningkatkan risiko kita terkena infeksi, secara signifikan kita lebih mungkin mengalami kecemasan dan depresi ketika tidak mendapatkan tidur yang cukup,” ujarnya.

Dengan memprioritaskan dan mendapatkan kualitas tidur yang cukup, kita mengurangi risiko semua kondisi ini, yang menyebabkan peningkatan umur panjang, tambahnya.

Maka dari itu, untuk mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur, Bell merekomendasikan penerapan ritual sederhana sebelum tidur seperti mandi air hangat dan melakukan praktik relaksasi seperti meditasi.



Ia juga merekomendasikan penderita yang kesulitan tidur untuk melakukan rutinitas tidur santai yang konsisten untuk membantu menenangkan diri dari hari dan mengurangi stres melalui mendengarkan musik atau membaca buku dan membuat jurnal sebelum tidur.

Lakukan aktivitas brain dump atau mengeluarkan isi pikiran Anda di malam hari selama 10 hingga 15 menit, untuk menuliskan semua pikiran yang muncul di benak anda sehingga kecil kemungkinan kita memikirkannya saat mencoba untuk tertidur.

“Saya juga merekomendasikan untuk menggabungkan teknik relaksasi seperti meditasi, relaksasi otot progresif, dan imajinasi terpandu untuk membantu meredakan stres dan kecemasan serta membuatnya lebih mudah untuk tertidur, ” kata Dr. Holliday-Bell.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Bulukerto sampai Manyaran, Rekrutmen PPK 5 Kecamatan di Wonogiri Sepi Peminat

Bulukerto sampai Manyaran, Rekrutmen PPK 5 Kecamatan di Wonogiri Sepi Peminat
author
Suharsih Rabu, 1 Mei 2024 - 17:04 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketua KPU Wonogiri Satya Graha. (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Jumah pendaftar pada rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK Pilkada Wonogiri 2024 di lima kecamatan masih sepi peminat atau belum memenuhi syarat minimal. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri memperpanjang masa pendaftaran hingga Kamis (2/4/2024) khusus di lima kecamatan tersebut.

Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, menyampaikan pendaftaran calon anggota PPK Pilkada 2024 dibuka Selasa-Senin (23-29/4/2024). Namun, hingga Senin (29/4/2024), jumlah pendaftar di lima kecamatan kurang dari yang dipersyaratkan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lima kecamatan tersebut, yaitu Karangtengah, Bulukerto, Purwantoro, Jatipurno, dan Manyaran. Jumlah pendaftar calon PPK di setiap kecamatan minimal harus 10 orang. Jumlah itu merupakan dua kali kebutuhan anggota PPK di setiap kecamatan yakni lima orang.

Satya menjelaskan jumlah anggota PPK di masing-masing kecamatan ada lima orang dan lima orang lainnya sebagai cadangan. Di Wonogiri ada 25 kecamatan. Ada beberapa alasan mengapa jumlah pendaftar calon anggota PPK Pilkada Wonogiri 2024 di lima kecamatan itu kurang dari 10 orang.

Koran Solopos

Menurut Satya, hal itu karena masalah sosiokultural, misalnya ada yang beralasan tidak mau mendatar karena ada teman atau orang lain yang tidak disukai sudah mendaftar lebih dulu, merasa tidak enak hati dengan calon anggota lain, dan kekurangan sumber daya manusia (SDM).

“Alasannya sebenarnya lebih kepada aspek kultural orang desa. Misalnya, ada orang yang kompeten dan mau daftar, tetapi karena teman atau tetangganya yang belum bekerja itu mendaftar, sehingga orang itu mengurungkan niat untuk mendaftar,” kata Satya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (1/5/2024).

Satya mengatakan badan adhoc ini terbuka untuk umum, termasuk perangkat desa dan aparatur sipil negara (ASN) sekalipun. Syarat pendaftaran PPK Pilkada 2024 antara lain minimal berusia 17 tahun, tidak menjadi anggota partai politik, berdomisili di wilayah kerja PPK, dan berpendidikan paling rendah SMA.

Emagazine Solopos

Proses seleksi anggota PPK Wonogiri meliputi tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, tes tertulis berbasis komputer, dan wawancara. Adapun jadwal seleksi tertulis calon anggota PPK diadakan pada Senin-Rabu (6-8/5/2024).

Dia melanjutkan tugas PPK Pilkada 2024 ini yakni membantu penyelenggaraan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Wonogiri di tingkat kecamatan.

Tugas PPK Pilkada 2024 ini semestinya lebih ringan dibandingkan PPK Pemilu 2024. Hal itu karena surat suara yang dicoblos hanya terdiri dari dua jenis. Sedangkan saat Pemilu 2024 perlu lima jenis surat suara.

Interaktif Solopos

Data KPU Wonogiri per Selasa (30/4/2024), jumah pendaftar calon PPK terbanyak ada di Kecamatan Wonogiri yakni 50 orang, Selogiri 26 orang, Giriwoyo 23 orang, Baturetno dan Slogohimo masing-masing 22 orang. Jumlah pendaftar di kecamatan lain rerata di bawah 15 orang.

Kepala Sub Bagian Keuangan Umum dan Logistik KPU Wonogiri, Nursahid Agung Wijaya, menambahkan mengacu pada Surat Menteri Keuangan No S-647/MK.02/2022, PPK Pilkada 2024 akan mendapatkan honorarium senilai Rp2,5 juta/bulan untuk ketua dan Rp2,2 juta/bulan untuk anggota. Masa kerja PPK Pilkada 2024 delapan bulan mulai Mei 2024-Januari 2025.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories