SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo segera mengonfirmasi sejumlah nama yang sebelumnya diusulkan sebagai bakal calon wakil walikota (Wawali). Konfirmasi tersebut dilakukan guna memastikan nama-nama yang diusulkan siap menjadi calon wawali.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Wakil Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Rekrutmen DPC PDIP Solo, YF Sukasno, menyampaikan selama ini pihaknya belum melakukan konfirmasi kepada calon-calon yang sudah diusulkan ke PDIP. “Ya Karena belum sampai pada tahapan itu. Kami masih mencari cara yang pas agar konfirmasi ini tidak menyinggung semua pihak,” terangnya di DPRD Solo, Senin (19/11/2012).

Pekan ini, DPC PDIP kembali menggelar rapat internal guna memilih cara terbaik untuk melakukan komunikasi dengan calon-calon yang sudah diusulkan. Diterangkannya, terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan konfirmasi yakni dengan mendatangi atau diundang. “Ini yang akan kami tentukan dalam rapat nanti,” ujarnya.

Setidaknya terdapat 15 nama yang sudah diterima DPC PDIP terkait calon wawali yang sudah diusulkan. “Tentunya kami harus melakukan konfirmasi kepada nama-nama calon wawali terkait kesanggupan dan kesiapannya. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu kan terdapat sejumlah nama yang sudah diusulkan, tetapi kan menolak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sukasno menerangkan pengerucutan nama-nama calon wawali bisa saja terjadi sebelum DPC PDIP mengirim nama calon wawali ke DPP PDIP. “Bisa saja berkurang dari jumlah yang sekarang setelah kami melakukan tahapan selanjutnya,” jelasnya.

Sementara itu, dari hasil rapat yang dilakukan pengurus DPC PDIP akhir pekan lalu, terdapat lima kriteria calon wawali pendamping Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Selain itu, dalam rapat tersebut DPC PDIP juga melakukan inventarisasi nama-nama calon wawali yang masuk ke DPC PDIP yang sebagian besar berasal dari aspirasi masyarakat, mendaftarakan diri ataupun hasil dari usulan rapat DPC.

Lima kriteria calon wawali dari hasil keputusan rapat internal DPC pekan lalu di antaranya berkemauan kuat mengabdikan diri kepada masyarakat Solo dan bersedia menandatangani pakta integritas dengan PDIP serta siap menjalankan garis-garis perjuangan partai. “Ini mestinya harus dipenuhi, disetujui dan dilaksanakan oleh calon wawali,” katanya.

Sukasno mengutarakan pihaknya menargetkan pembahasan calon wawali rampung akhir November mendatang. “Harapan kami selesai akhir November dan segera dikirm ke DPP,” urainya. Sukasno menegaskan DPC PDIP tidak bermaksud mengulur-ulur proses penentuan calon wawali. Pasalnya, penentuan calon wawali tidak sederhana lantaran banyak aspek yang harus dipertimbangkan serta membutuhkan pencermatan agar sosok wawali yang dipilih sesuai aspirasi seluruh masyarakat Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya