SOLOPOS.COM - Pantai Krakal, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Selasa (17/3/2015). (FOTO ISTIMEWA/Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul)

Geopark Night Specta untuk dongkrak lama tinggal wisatawan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul akan menggelar Geopark Night Specta di Pantai Krakal, Kecamatan Tanjungsari, Sabtu (18/11/2017) mendatang. Acara ini digelar sebagai salah satu upaya meningkatkan lama tinggal wisatawan yang masih di kisaran 1,2 hari.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Saryanto mengatakan, penyelenggaraan Geopark Night Specta merupakan agenda rutin yang dimiliki oleh pemkab bekerjasama dengan Dinas Pariwisata DIY. Penyelenggaraan ini memasuki tahun kedua, setelah sebelumnya dilaksanakan di Gunung Api Purba Nglanggeran di 2016 lalu. “Untuk tahun ini kami ambil lokasi di kawasan Pantai Krakal. Rencananya acara dilaksanakan besok Sabtu [18/11/2017],” katanya kepada wartawan, Rabu (15/11/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, penyelenggaraan geopark night festival masuk dalan rangkaian Festival Geopark 2017. Acara ini sebagai sarana memperingati masuknya kawasan geopark Gunungsewu ke dalam UNESCO Global Geopark. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya Dinas Pariwisata untuk meningkatkan masa tinggal wisatawan di Gunungkidul. “Posisi tinggal wisatwaan masih rendah karena baru di kisaran 1,2 hari,” ungkapnya.

Saryanto mengungkapkan, dampak lama tinggal dari keberadaan geopark night specta tidak akan langsung terasa karena untuk peningkatan butuh proses panjang. Salah satunya dengan memperbanyak intensitas kegiatan festival di malam hari. “Ini jadi pengungkit dan ke depannya, dinas akan meningkatkan intensitas acara pada malam hari di kawasan destinasi wisata,” kata dia.

Untuk menyemarakan gelaran geopark night spekta di Pantai Krakal, dinas pariwisata telah menyiapkan sejumlah rangkaian acara yang dimulai sejak siang hari. Adapun puncak acara akan menghadirkan Baim, eks vokalis Ada Band. “Kami juga mengelar kesenian tradisional jatilan dan festival band. Selain itu juga akan menghadirkan atraksi terjun payung,” ujar dia.

Bupati Gunungkidul Badingah antusias dengan penyelengaraan geopark night specta. Ia pun berharap penyelengaraan dapat berjalan dengan aman dan lancar. “Jelas kami mendukung karena ini sebagai upaya mendongkrak citra pariwisata di Gunungkidul,” katanya.

Menurut dia, gelaran ini memberikan banyak manfaat. Selain sebagia hiburan bagi para pengunjung, geopark night specta juga dapat dimanfaatkan pelaku usaha di kawasan Pantai Krakal untuk meningkatkan pendapatan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan. “Tapi pesan saya jangan sampai menaikan harga seenaknya karena itu bisa mempengaruhi citra pariwisata di Gunungkidul,” tegas Badingah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya