SOLOPOS.COM - Michelle Obama (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

Michelle Obama (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

JAKARTA- Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama kerap terlihat di berbagai kesempatan mengenakan busana bermerek dari retail hingga desainer Amerika. Kemahirannya memilih busana sederhana dan menjadikannya terlihat istimewa nampaknya tidak menyenangkan hati semua orang. Salah satunya penulis Elizabeth Cline.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Elizabeth Cline yang dikenal sebagai penulis dan aktivis fashion, menyerang selera berbusana dari istri Presiden Barack Obama tersebut dalam bukunya yang berjudul ‘Overdressed: The Shockingly High Cost of Cheap Fashion.’ Sang penulis menilai tidak ada nilai patriotik atau mendukung merek asli Amerika jika busana-busana tersebut dibuat di pabrik-pabrik di luar Amerika.

Ia juga mengeluhkan hal ini kepada The Huffington Post dengan berkata: “Saya pikir ia konyol dengan memberikan contoh berbusana yang demokratis atau merasa dirinya sangat Amerika karena gaya berbusananya terjangkau.” Ia juga menambahkan bahwa industri tekstil dan bahan di Amerika telah memprihatinkan 10 tahun terakhir, sehingga ia tak perlu merasa bangga mengenakan baju murah yang diimpor.

Dalam bukunya, ia juga mengkritik semakin banyaknya retail Amerika yang memiliki pabrik di luar negaranya sendiri dan justru mengurangi lapangan pekerjaan untuk warganya sendiri. Ia pun mengakui menyesal telah ketagihan berbelanja di retail seperti Zara dan H&M yang mengakomodir pergantian tren dengan sangat baik.

“Aku ingat pulang ke rumah dan merasa malu pada diri sendiri. Sepatu-sepatu yang aku beli aromanya seperti racun dan seperti ada gas yang keluar dari mereka,” ujarnya setelah membeli tujuh pasang sepatu di kedua retail asal Swedia dan Spanyol tersebut. Ia juga merasa produk-produk ini tidak ramah lingkungan.

Berdasarkan atas esensi ramah lingkungan, ia memberi masukan agar Michelle Obama bisa seperti Kate Middleton. Ia menganggap istri dari Pangeran William tersebut bisa mengenakan baju berkualitas yang sama, dua kali sehari selama 10 hari berturut-turut. Selain ramah lingkungan, ia juga memilih busana yang berkelas dan tidak memajukan industri retail yang membahayakan lingkungan lewat produksi massal.

Michelle Obama kerap terlihat dengan busana retail yang dianggap murah dan membahayakan lingkungan menurut Elizabeth seperti, Target, J.Crew, Banana Republic, Gap, hingga H&M. Namun tak selamanya retail, first lady tersebut juga sering terlihat menggunakan rancangan desainer ternama Amerika seperti Rachel Roy, Isabel Toledo, Michael Kors, Jason Wu, Tracey Reese, Marip Pinto hingga Thakoon.

Hingga saat ini, juru bicara dari Michelle Obama tidak berkomentar apa-apa mengenai pernyataan yang menyudutkan dari Elizabeth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya