SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo memakai baju adat Timor Tengah Selatan (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat dari Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pakaian tradisional dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur ini sarat makna.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jokowi mengenakan baju adat TTS NTT di Upacara Peringatan Kemerdekaan ke-75 RI, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020) pagi. Pakaian adat itu terdiri dari kain tenun aneka warna.

Berbaju Adat Timor Tengah Selatan, Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT RI Ke-75

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden,ini makna baju adat tersebut. Kain yang dikenakan Jokowi adalah kain motif kaif berantai nunkolo.

Motif dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Pada bagian pinggir kain baju adat yang dikenakan Jokowi, ada motif bergerigi melambangkan wilayah TTS yang berbukit-bukit dan berkelok-kelok.

“Warna merah melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo,” tulis Biro Pers Sekretariat Presiden. Nunkolo adalah salah satu daerah di TTS.

Upacara HUT RI tahun ini berbeda dari biasanya karena digelar di tengah pandemi corona. Jumlah peserta dibatasi dan tidak ada masyarakat yang diundang. Tamu-tamu hadir secara virtual.

Presiden Jokowi tampak memasuki lapangan upacara pada pukul 09.56 WIB. Jokowi memakai baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur serta masker.

Kembali ke NKRI, Eks-Napi Aksi Terorisme Ikut Upacara 17an

Komandan Upacara Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor lalu melapor kepada Presiden Jokowi bahwa upacara siap dimulai. Jokowi memerintahkan untuk dilanjutkan.

“Laksanakan!” kata Jokowi.

Sirene dibunyikan dan meriam ditembakkan. Rangkaian upacara akan dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo lalu mengheningkan cipta. Menag Fachrul Razi akan memimpin doa.

Setelah itu, bendera Merah Putih akan dikibarkan. Tahun ini, jumlah anggota Paskibraka dibatasi hanya tiga orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya