SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Nairobi–Bajak laut Somalia kembali beraksi. Kali ini, mereka membajak kapal berbendera Thailand di perairan Arab. Setidaknya, 27 anak buah kapal (ABK) tersebut ikut disandera pembajak.

Kapal Nexus Thor dibajak dalam perjalanan ke Bangladesh dari Uni Emirat Arab. Semua ABK adalah warna negara Thailand.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapal itu dicegat di 350 mil timur laut pelabuhan Salala. Belum diketahui apa muatan kapal naas itu. Demikian seperti dilansir detikcom, Senin (27/12).

Ekspedisi Mudik 2024

Sebuah pernyataan dari NAVFOR yang berbasis di Brussels mengatakan, kapal yang dibajak adalah kapal kargo seberat 20.377 ton. Kapal itu sedang menuju ke Bangladesh dari Jebel Ali di Uni Emirat Arab.

Menurut Pengawas Maritim, Ecoterra Internasional, bajak laut Somalia saat ini memiliki sedikitnya 40 kapal asing dan hampir 700 pelaut. Mereka juga menyandera sekitar 601 orang.

Pembajak sering kali merebut kapal lalu meminta uang tebusan cukup besar. Salah satu cara untuk mengatasi pembajakan ini adalah dengan menyelesaikan konflik bersaudara di Somalia yang meletus tahun 1991.

Pengamat-pengamat internasional berpendapat, selain mengakhiri konflik, Presiden Somalia Mohamed Siad Barre juga harus dilengserkan agar pembajakan kapal di negara tersebut berakhir.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya