SOLOPOS.COM - Ilustrasi tangga. (Freepik.com)

Solopos.com, JOGJA — Berdasarkan ilmu fengsui, tangga memiliki pengaruh yang besar dalam penataan fengsui interior. Maklum saja, tangga digunakan untuk bergerak dari satu tingkat ke tingkat lainnya bangunan sehingga perihal itu pun diatur dalam tata letak bangunan atau rumah yang dianggap mempunyai pengaruh baik atau buruk terhadap penghuninya.

Dilansir Lamudi.co.id, tangga adalah saluran energi qi untuk dibawa ke atas atau ke bawah dan disebarkan ke seluruh tingkat. Oleh sebab itu, penempatan tangga dianggap fengsui dapat mempengaruhi keberuntungan dan kesatuan keluarga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berbeda dengan air yang hanya bisa bergerak dari atas ke bawah, paradigma energi qi dalam ilmu fengsui bisa mengalir dengan mudah dari tingkat atas ke bawah dan juga bergerak dari bawah ke atas. Energi qi ini dibawa ke atas oleh gerakan aktivitas yang menciptakan pola energi di tingkat atasnya.

Jangan Lengah! Zodiak Ini Tidak Boleh Diprovokasi

Oleh sebab itu, posisi tangga juga dianggap sebagai mulut rumah kedua atau qi kou setelah pintu utama dan harus ditempatkan pada sektor yang tepat. Bagi yang ingin membuat tangga di dalam rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kasus yang sering ditemui adalah posisi tangga yang segaris lurus dan menuju pintu depan dalam jarak yang relatif dekat atau kurang dari lima meter.

Kedudukan tangga seperti ini adalah salah satu penyebab keluarga sulit mengumpulkan kekayaan. Karena energi qi yang dibawa dari tangga ketika turun ke bawah akan bergegas ke luar rumah melalui pintu.

Waspada! Pemilik Zodiak Ini Kerap Pendam Emosi 

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengarahkan kembali posisi tangga sehingga berada pada posisi 90 derajat dari pintu. Kedudukan demikian akan mencegah hilangnya energi qi yang positif dari rumah.

Langsung ke Saluran

Kasus lain yang perlu diperbaiki adalah posisi tangga yang turun langsung menuju pintu kamar mandi dan WC. Letak tangga seperti ini mengakibatkan energi qi terseret keluar ke saluran.

Kasus yang sama juga terjadi ketika posisi tangga yang turun langsung menuju pintu kamar tidur, karena begitu energi qi ini turun akan bergerak cepat dan menghantam pintu. Karena itu ketika energi qi masuk ke dalam ruangan kamar menjadi tidak stabil dan menyebabkan penghuni di kamar tidur ini mudah sakit atau memiliki temperamen yang labil sehingga hubungan dengan orang lain juga kurang harmonis.

Simak 21 Resolusi Jitu Atur Uang di Tahun 2021!

Untuk memperbaiki permasalah di atas Anda bisa memindahkan posisi pintu kamar mandi atau kamar tidur agar tidak segaris lurus dengan mulut tangga, memasang penutup pintu otomatis, atau memasang tirai di pintu atau bisa juga meletakkan tanaman di dalam kamar mandi ataupun WC agar dapat membawa energi qi.

Jangan menempatkan posisi tangga yang melewati atas pintu utama. Posisi tangga yang melewati pintu utama akan menyebabkan energi qi ketika masuk ke dalam ruangan menjadi tertekan dan bisa disamakan seperti adanya balok yang menonjol di atas pintu utama.

Oleh fengsui, bentuk tangga yang disukai adalah berbentuk letter U atau L, karena adanya lekukan akan membiarkan energi qi berkumpul terlebih dahulu sebelum berputar naik ke atas. Dengan demikian aliran pola energi lebih lembut dan sentimental.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya