SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Dua baliho di Jl. Ahmad Yani dan Jl. Tagore, Banjarsari, Solo, dianggap membahayakan karena menutupi rambu bus prioritas di Terminal Tipe A Tirtonadi.

Dua baliho tersebut dipindahkan ke dalam area terminal agar tidak mengganggu pandangan sopir bus prioritas. Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, mengatakan dua panggung baliho tersebut dianggap membahayakan bus yang akan masuk ke terminal.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Selain meminimalkan potensi bahaya, pemindahan juga bertujuan menata kawasa Terminal Tipe A Tirtonadi agar menjadi lebih rapi. Joko menegaskan Terminal Tirtonadi merupakan terminal percontohan. Meskipun dimiliki pemerintah pusat, lokasinya ada di Solo.

“Jadi kami juga memiliki niat ikut menata agar estetikanya menjadi lebih baik. Apalagi ada tugu keris dan taman air juga. Selain juga intinya agar tidak membahayakan sopir bus prioritas kami juga menata apabila ada warga foto-foto lebih indah,” kata Joko ketika ditemui Solopos.com di ruangannya, Kamis (20/6/2019).

Untuk memindahkan dua baliho itu, Joko telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk mendapatkan kesepakatan dengan pemilik baliho. Salah satu kesepakatannya yakni memperpanjang durasi sewa penempatan baliho.

“Ada kesepakatan dengan pemilik baliho karena pemindahan dilakukan setelah ada kontrak. Biaya pemindahan ditanggung pemilik baliho. Tapi kami juga memberikan kompensasi memperpanjang durasi penempatan selama satu tahun,” imbuh dia.

Korlap Perawatan dan Kebersihan Terminal Tipe A Tirtonadi, Kondang Sri Lanang, mengatakan tertutupnya papan petunjuk bus prioritas membuat laju kendaraan menuju terminal kerap terhambat. Hal ini diperparah apabila pengemudi belum paham adanya jalur tersebut.

“Panggung baliho menutupi jalur prioritas dari arah timur. Sopir bus reguler yang sudah kerap masuk terminal memang sudah hafal. Tapi yang belum pernah masuk bisa repot nantinya,” ujar dia.

Pantauan Solopos.com, Kamis, beberapa pekerja tengah memasang tiang untuk tempat pemindahan baliho. Lokasi pemindahan berada di dekat bengkel bus tidak jauh dari lokasi baliho yang lama.

Rencananya, baliho ditata dengan memundurkan posisi baliho ke dalam terminal dengan posisi lebih tinggi dari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya