Ilustrasi asteroid berukuran besar. (Reuters)

Solopos.com, WASHINGTON — National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat telah memberi peringatan terkait asteroid raksasa yang mendekati Bumi.

Dilaporkan Sputniknews, asteroid yang diperkirakan sebesar 610 meter akan mendekati Bumi kurang dari dua pekan lagi. Ukuran asteroid itu diperkirakan memiliki besar dua kali lipat menara eiffel di Paris, Prancis atau enam kali lebih besar dari ukuran lapangan sepak bola.

Asteroid yang dinamakan SF6 2006 diperkirakan akan datang dan mendekati Bumi pada Rabu (20/11/2019) dengan jarak kira-kira 4,35 juta kilometer. Asteroid ini akan bergerak dengan kecepatan 27.000 km/jam atau sekira 22 kali kecepatan suara.

Batuan ini telah ditemukan pada 2006 silam, dan selalu melewati Bumi dua kali dalam setahun. Fenomena alam tersebut dikhawatirkan memiliki potensi yang berbahaya terhadap Bumi.

Setiap asteroid atau komet yang mengorbit dalam jarak 50 juta kilometer dari Bumi, dapat dikatakan sebagai near Earth objects (NEO) atau objek yang dekat dengan Bumi. "NEO memiliki potensi untuk menjadi bencana alam paling dahsyat yang diketahui manusia," kata Perwira Pertahanan Planet NASA, Lindley Johnson.

Lebih dari 600.000 asteroid yang mengorbit dekat tata surya, 20.000 telah diidentifikasi sebagai NEO oleh para ilmuwan, yang berarti hal tersebut harus mendapatkan pengawasan dari para astronom.

Sumber: Okezone.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten